SOLOPOS.COM - Ilustrasi FIFA (REUTERS/Arnd Wiegmann)

FIFA membuat penghargaan The Best FIFA Football Awards.

Solopos.com, ZURICH – FIFA dan Ballon d’Or telah pisah jalan mulai tahun ini. Oleh karena itu, induk sepak bola dunia itu membuat penghargaan baru untuk pemain terbaik dunia bernama The Best FIFA Football Awards.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Terpisahnya FIFA dengan Ballon d’Or karena kerja sama organisasi tersebut dengan media Prancis, France Football, telah berakhir. Penghargaan Ballon d’Or pun kini sepenuhnya dijalankan media tersebut. Padahal dalam enam tahun terakhir FIFA dan Ballon d’Or selalu bersatu.

FIFA pun lantas membuat penghargaan baru untuk mengapresiasi pemain sepak bola terbaik sejagad. Nama The Best FIFA Football Awards pun kemudian diperkenalkan. “Event ini tentang sepak bola dan para pesertanya yang paling bergairah, para pemain, pelatih, dan fans,” kata Presiden FIFA, Gianni Infantino, di situs resmi FIFA seperti dilansir Sky Sports, Selasa (1/11/2016).

“Ini adalah sebuah event baru dengan pendekatan-pendekatan baru untuk merayakan permainan yang kita semua cintai,” kata Infantino.

Menariknya, penghargaan ini akan melibatkan para penggemar dalam penentuan siapa pemain terbaik dunia. Dalam proses penentuan pemain dan pelatih terbaik, 50% dari hasilnya akan berdasarkan pilihan para kapten dan pelatih tim nasional di seluruh dunia. Sementara 50% sisanya akan dibagi antara hasil voting publik secara online dan suara lebih dari 200 perwakilan media di seluruh dunia.

Acara puncak The Best FIFA Football Awards bakal digelar di Zurich, Swiss, pada 9 Januari 2017 mendatang atau sekitar sebulan setelah peraih Ballon d’Or 2016 diumumkan. Terdapat delapan penghargaan yang diberikan, yaitu Pemain Putra Terbaik 2016, Pemain Putri Terbaik 2016, Pelatih Putra Terbaik 2016, Pelatih Putri Terbaik 2016, FIFA Puskas Award 2016, FIFA Fair Play Award 2016, FIFA Fan Award 2016, dan FIFA FIFPro World11.

FIFA FIFPro World11 akan ditentukan oleh para pesepak bola profesional di seluruh dunia. Sementara itu, peraih penghargaan FIFA Puskas Award (penghargaan gol terbaik) ditentukan melalui voting secara online yang melibatkan para penggemar. Sebanyak 23 kandidat Pemain Putra Terbaik 2016 akan diumumkan pada Jumat (4/11/2016) mendatang. Pada 2 Desember 2016, tiga kandidat yang jadi finalis akan diumumkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya