SOLOPOS.COM - Chelsea masih kokoh di puncak klasemen Liga Inggris (JIBI/Reuters/Stefan Wermuth)

Final Piala Liga Inggris atau Capital One Cup malam ini mempertemukan dua kekuatan London utara, Chelsea vs Tottenham.

Solopos.com, LONDON — Trofi Piala Liga Inggris atau Capital One Cup selalu menjadi penting bagi Chelsea, khususnya bagi sang pelatih Jose Mourinho. Sebab di Piala Liga, manajer asal Portugal itu mengangkat trofi perdananya bersama The Blues, julukan Chelsea, pada 2005 silam.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Di partai puncak 2005, The Blues menundukkan Liverpool 3-2. Sekitar dua tahun kemudian, Mourinho kembali mengulang sukses bersama Chelsea memenangi gelar serupa. Kini, Mourinho yang comeback membesut Chelsea pada musim lalu, memiliki kesempatan untuk menambah koleksi titel Piala Liga ketika mendampingi timnya melawan Tottenham Hotspur pada partai puncak tahun ini di Stadion Wembley, London, Minggu (1/3/2015) pukul 23.00 WIB.

“Laga terpenting dalam karierku adalah pertandingan berikutnya. Salah satu gelar yang bisa kembali diletakkan di musem klub. Ada beberapa medali di rumah, saya tidak tahu di mana. Apakah saya tampak bodoh? Ini final Cup terpenting dalam karierku, lebih penting dari Liga Champions,” jelas Mourinho yang gagal mempersembahkan satu gelar pun bagi Chelsea musim lalu, seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (28/2/2015).

Spirit final Piala Liga 2005 juga akan diusung kapten The Blues, John Terry. “Balik ke final 2004/2005, itu berarti banyak bagi skuat untuk bangkit karena itu kali pertamanya kami mendapatkan gelar bersama,” sambung Terry.

Rekor The Blues di partai puncak sangat oke. Tim asal London Barat itu telah 16 kali turun di partai puncak berbagai kompetisi bergengsi dalam 20 tahun terakhir, paling sering dibandingkan tim lain asal Inggris. Hebatnya, 12 final di antaranya berhasil dituntaskan Chelsea dengan mengangkat trofi.

Namun, Chelsea harus ingat. Tottenham merupakan tim yang menundukkan The Blues besutan Avram Grant pada final Piala Liga 2008. Selain itu, The Blues juga takluk dari rival sekotanya tersebut dengan skor telak 3-5 pada pertemuan terakhir kedua tim di Liga Premier, awal tahun ini. Saat itu, gawang Chelsea yang dijaga Thibaut Courtois dibombardir Harry Kane (dua gol), Danny Rose, Andros Townsend, dan Nacer Chadli.

Chelsea bisa memanfaatkan faktor kekelahan yang menghantui pasukan Mauricio Pochettino. Sebab, duel di Wembley hanya digelar sekitar dua hari sejak kekalahan telak Spurs 0-2 pada leg kedua babak 32 besar Liga Europa di markas Fiorentina, Firenze, Juma t (27/2/2015) dini hari WIB.

CHELSEA VS TOTTENHAM HOTSPUR
Live SCTV, Minggu (1/3/2015) Pukul 23.00 WIB
Stadion : Wembley (London)
Wasit: Anthony Taylor

Prediksi Line Up Chelsea vs Tottenham

Chelsea (4-2-3-1)
Courtouis
Azpilicueta, Zouma, Terry, Ivanovic
Fabregas, Ramires
Hazard, Oscar, Willian
Costa
Cadangan:Filipe Luis, Cuadrado, Drogba, Cech, Remy, Cahill, Loftus-Cheek

Tottenham (4-2-3-1)
Lloris
Rose, Vertonghen, Dier, Walker
Mason, Bentaleb
Eriksen, Dembele, Lamela
Kane
Cadangan:Chiriches, Fazio, Chadli, Stambouli, Townsend, Paulinho, Vorm

Daftar Pemain Cedera atau Absen

Chelsea:
Pemain Alasan Status
Nemanja Matic Hukuman Out
John Obi Mikel Kemungkinan Cedera Diragukan

Tottenham: tak ada pemain absen

Catatan Pertandingan Sebelumnya

EPL 01-01-2015 Tottenham 5 : 3 Chelsea
EPL 03-12-2014 Chelsea 3 : 0 Tottenham
EPL 08-03-2014 Chelsea 4 : 0 Tottenham
EPL 28-09-2013 Tottenham 1 : 1 Chelsea
EPL 08-05-2013 Chelsea 2 : 2 Tottenham
EPL 20-10-2012 Tottenham 2 : 4 Chelsea

Prediksi

– Tottenham sukses mengalahkan Chelsea 5-3 pada 1 Januari 2015, namun sebelumnya mereka juga dibantai Chelsea 0-3 pada Desember lalu.
– Tottenham tidak memenangi 4 laga terakhir. Begitu pula Chelsea yang hanya menang 2 kali dalam 5 pertandingan terakhir.
– Melihat materi dan statistik sebelumnya,Chelsea diunggulkan.

Prediksi Skor Chelsea vs Tottenham: 2-1

Sumber: whoscored.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya