SOLOPOS.COM - Nico Rosberg (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, SAO PAULO — Nico Rosberg menjaga peluangnya untuk jadi juara dunia Formula 1 musim ini dengan memenangi GP Brasil. Rosberg kini mengharapkan sedikit “bantuan” dari pebalap-pebalap Williams di seri pamungkas di Abu Dhabi.

Rosberg finis terdepan dalam balapan di Autodromo Jose Carlos Pace, Sao Paulo, Minggu (9/11/2014). Dia mengungguli rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton, yang harus puas finis kedua.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Kemenangan Rosberg tersebut memangkas jaraknya dengan Hamilton di klasemen pebalap. Rosberg kini berada di posisi kedua dengan perolehan 317 poin, tertinggal 17 poin dari Hamilton yang memimpin klasemen.

Secara matematis, Rosberg masih memiliki peluang untuk menyalip Hamilton dan jadi juara dunia. Tapi, ada sejumlah syarat yang harus terpenuhi agar dia bisa melakukannya.

Dengan adanya aturan poin dobel di GP Abu Dhabi, Rosberg tak hanya harus memenangi seri tersebut. Pasalnya, kalau Hamilton finis kedua, yang jadi juara dunia tetap Hamilton.

Skenario juara paling sederhana untuk Rosberg adalah memenangi GP Abu Dhabi dan Hamilton maksimal finis ketiga. Artinya, harus ada pebalap lain yang finis di depan Hamilton.

Melihat ketangguhan Hamilton dan mobil Mercedes pada musim ini, dalam kondisi normal tak banyak pebalap yang bisa mengalahkannya. Menurut Rosberg, yang punya peluang untuk melakukannya adalah pebalap-pebalap Williams, Felipe Massa dan Valtteri Bottas.

“Menyedihkan, tapi memang benar! Tapi sekarang saya butuh sedikit bantuan dari orang lain karena Lewis tak boleh finis kedua di Abu Dhabi — agar peluang saya tetap terjaga adalah dia tidak finis lebih baik dari posisi ketiga,” ujar Rosberg di situs resmi Formula 1.

“Mungkin (itu adalah) Williams, yang tak bisa Anda lewati di lintasan lurus,” katanya.

“Percayalah, saya lebih memilih jadi yang dikejar daripada yang mengejar. Tapi, inilah faktanya dan Abu Dhabi akan sangat menegangkan — dan sangat seru untuk fans. Saya harus menang — paling tidak itulah rencananya!” kata pebalap berkebangsaan Jerman ini.

“Saya harus memotivasi Felipe Massa agar dia bisa sangat rileks dan kemudian tampil luar biasa di Abu Dhabi. Jadi, dia bisa finis kedua dan saya memenangi balapan,” ujar Rosberg saat ditanya apa yang akan dia lakukan mulai sekarang sampai GP Abu Dhabi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya