SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Formula One 2015 kemungkinan akan menjadi akhir dari karir pembalap McLaren Jenson Button.

Solopos.com, SINGAPURA—Bursa transfer pembalap Formula One (F1) kembali memanas setelah Jenson Button dikabarkan bakal hengkang dari ajang balap motor terbaik di dunia musim ini. Keputusan pensiun  pembalap McLaren ini segera diumumkan di GP Jepang, akhir pekan ini.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Button sudah mempertimbangkan banyak hal yang berujung pada keputusan mengejutkan ini. Ia sudah malang melintang di F1 selama 16 tahun dan sukses mengklaim satu gelar juara dunia di musim 2009 lalu. Selain itu, ia merebut 15 kemenangan dan melakoni 278 start.

Dilansir dailymail.co.uk, Senin (21/9/2015), pembalap senior berusia 35 tahun itu memang begitu menyukai F1. Bukan sekali ini Button digosipkan keluar dari F1. Akhir musim lalu saat kursinya terancam di McLaren, ia juga berniat pensiun. Tim asal Inggris ini pun memilih menyodorkan kontrak anyar berdurasi semusim seiring dengan kedatangan Fernando Alonso ke McLaren.

Setelah musim 2015 yang cukup sulit, Button tak bisa bertahan lebih lama. Ia tengah bernegosiasi soal perpanjangan kontrak. Tapi, pembalap senior ini memilih untuk mengakhiri karier F1 setelah hanya berhasil mengemas 17 poin dari 13 seri yang sudah terlewati.

Meski Button keluar, McLaren tak perlu pusing mengingat mereka punya dua kandidat kuat. Kevin Magnussen yang kini berstatus pembalap cadangan tim siap mengambil alih. Mereka juga memiliki kandidat juara dunia GP 2, Stoffel Vandoorne, yang berlabel pembalap tes McLaren.

Sementara itu, Pastor Maldonado akan bertahan di Lotus untuk musim depan terlepas dari krisis finansial yang masih membelit tim. Pembalap asal Venezuela ini tak mau dipusingkan dengan gosip soal akuisisi yang akan dilakukan Renault pada Lotus.

“Sungguh berita bagus tim bisa memberi tahu posisi saya untuk musim 2016. Setelah sejumlah spekulasi yang berkembang, saya bisa kembali fokus pada pekerjaan karena masa depan saya sudah menemui titik terang,” papar Maldonado, dilansir planetf1.com.

Jika Maldonado tinggal, tidak demikian dengan sang rekan, Romain Grosjean. Pembalap asal Prancis tersebut akan membela tim debutan F1, Haas, musim 2016. Ia kemungkinan besar bakal diduetkan dengan pembalap cadangan Ferrari selaku pemasok mesin F1 Haas. Mereka punya dua opsi, yakni Esteban Gutierrez dan Jean-Eric Vergne. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya