SOLOPOS.COM - Max Verstappen (Formula1.com)

Formula One 2016 memasuki seri kelima di Spanyol.

Solopos.com, BARCELONA – Pembalap muda Red Bull, Max Verstappen, berhasil menjadi juara pada seri kelima Formula One 2016. Verstappen mengungguli dua Ferrari, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Pada balapan di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (15/5/2016), insiden tabrakan langsung terjadi di lap pertama. Insiden itu melibatkan dua pembalap Mercedes sekaligus dua pembalap teratas di klasemen, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Saat balapan dimulai, Rosberg yang start dari posisi kedua, menyalip Hamilton yang start pertama. Petaka Mercedes terjadi di tikungan ketiga. Hamilton yang mencoba menyalip Rosberg justru keluar lintasan, mobil Hamilton lantas slip dan menyenggol Rosberg. Keduanya tak bisa melanjutkan balapan.

Bendera kuning pun dikibarkan. Dua pembala Red Bull berada di posisi terdepan menggantikan duo Mercedes. Daniel Ricciardo di depan dilanjutkan Max Verstappen. Di tempat ketiga ada pembalap Torro Ross, Carlos Sainz diikuti duo Ferrari Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen.

Pada putaran kedelapan, Sebastian Vettel akhirnya bisa melewati Sainz setelah berulang-ulang mencoba. Raikkonen pun mencoba hal demikian tapi belum berhasil.

Memasuki putaran ke-13, mayoritas pembalap memasuki pit stop. Hal itu membuat pembalap Indonesia yang bergabung dengan Manor Racing naik posisinya. Rio yang sedari awal mengisi posisi buncit bisa menempatio posisi ke-10.

Tapi setelah itu, posisi Rio terus menurun hingga ke posisi ke-14 setelah dilewati oleh beberapa pembalap. Memasuki lap ke-18, Ricciardo masih berada di paling depan. Diikuti oleh Verstappen dan Vettel di posisi kedua dan ketiga.

Memasuki lap ke-32, sejumlah pembalap kembali menuju pit stop. Pada putaran ini, Verstappen yang memimpin balapan. Diikuti Raikkonen, Ricciardo, Vettel, dan Bottas di lima besar.

Memasuki putaran ke-47, pembalap McLaren, Fernando Alonso, tak bisa melanjutkan balapan. Mobil ALonso mengalami masalah dan harus menyudahi balapan lebih awal. Di putaran ini, Verstappen masih memimpin balapan, diikuti Raikkonen dan Vettel.

Enam putaran jelang balapan usai, Ricciardo menunjukkan perlawanan sengit terhadap Vettel. Dia mencoba menyalip di beberapa tikungan. Namun Vettel mampu mempertahankan posisi di tempat ketiga dan gagal disalip Ricciardo. Sementara itu, posisi pertama dan kedua masih diisi Verstappen dan Raikkonen.

Di putaran terakhir, Ricciardo mengalami ban habis. Dia langsung masuk ke pit stop dan mengganti ban. Sementara itu, Verstappen tetap tak terkejar dan menjuarai balapan. Diikuti oleh Raikkonen, Vettel, dan Ricciardo yang baru saja mengganti ban.

Di sisi lain, pembalap Indonesia yang bergabung dengan Manor Racing, Rio Haryanto berhasil mencapai garis finis. Tapi ia hanya mampu finis di posisi ke-17 alias posisi buncit di belakang rekan setimnya, Pascal Wehrlein.

Hasil Formula One 2016 GP Spanyol:

1. M. Verstappen [Red Bull]
2. K. Raikkonen [Ferrari]
3. S. Vettel [Ferrari]
4. D. Ricciardo [Red Bull]
5. V. Bottas [Williams]
6. C. Sainz [Toro Rosso]
7. S. Perez [Force India]
8. F. Massa [Williams]
9. J. Button [McLaren]
10. D. Kvyat [Toro Ross]
11. E. Gutierrez [Haas]
12. M. Ericsson [Sauber]
13. J. Palmer [Renault]
14. K. Magnussen [Renault]
15. F. Nasr [Sauber]
16. P. Wehrlein [Manor]
17. R. Haryanto [Manor]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya