SOLOPOS.COM - Lewis Hamilton di GP Inggris Formula One 2016. (REUTERS/Andrew Boyers)

Formula One 2016 GP Inggris dimenangi Lewis Hamilton.

Solopos.com, SILVERSTONE – Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, berhasil memenangi Formula One 206 GP Inggris. Dia mengalahkan rekan setimnya, Nico Rosberg, yang harus puas finis di posisi kedua.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Balapan yang digelar di Sirkuit Silverstone, Minggu (10/7/2016) malam WIB, sendiri diwarnai dengan hujan. Louis Hamilton yang mendapatkan pole position memimpin balapan diikuti Nico Rosberg, Mark Verstappen, Daniel Ricciardo, dan Kimi Raikkonen. Sementara pembalap Indonesia, Rio Haryanto, memulai balapan dari posisi ke-19.

Hujan lebat membuat safety car diturunkan hingga lap keempat. Pada putaran kelima, para pembalap baru bisa saling menyalip. Namun kebanyakan driver menuju pit stop untuk mengganti ban.

Memasuki lap ke-15, Hamilton masih memimpin balapan dan dibuntuti rekan setimnya, Rosberg. Verstappen masih menduduki posisi ketiga, namun posisi keempat sudah ditempati oleh Sergio Perez. Ricciardo dan Raikkonen pun harus puas menempati posisi kelima dan keenam.

Rio Haryanto akhirnya tak bisa melanjutkan balapan GP Inggris setelah tergelincir di lap ke-26. Rio keluar lintasan setelah gagal menukik dengan baik di tikungan pertama, dan akhirnya menabrak pembatas. Dengan begitu, Manor Racing tak memiliki pembalap lagi karena Pascal Wehrlein juga sudah out pada lap-lap awal.

Sementara itu, Hamilton masih memimpin balapan hingga putaran ke-28. Disusul kemudian Verstappen yang berjarak 1,6 detik dengan Hamilton. Di posisi ketiga ada Rosberg, diikuti Ricciardo dan Perez.

Persaingan ketat terjadi antara Verstappen dan Rosberg untuk perebutan posisi kedua. Jarak keduanya cukup dekat hanya terpaut 0,1 detik. Namun Verstappen cukup kuat untuk mempertahankan posisinya dan membuat Rosberg kedulitan untuk menyalip.

Setelah berulang kali mencoba, Rosberg akhirnya bisa melewati Verstappen di putaran ke-39. Dia menyalip Verstappen dari sisi luar setelah mencoba dari sisi dalam namun gagal. Rosberg pun langsung mengejar Hamilton yang masih di depan.

Hingga akhir balapan, Hamilton berhasil mempertahankan posisinya. Sementara Rosberg finis di posisi kedua, diikuti oleh Verstappen. Bagi Hamilton sendiri ini adalah kemenangannya yang keempat di Formula One 2016.

Berikut hasil lengkap GP Inggris

F1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya