SOLOPOS.COM - Foto Rio Haryanto (Bola.liputan6.com)

Formula One 2016 akan diikuti pembalap Indonesia, Rio Haryanto.

Solopos.com, MELBOURNE – Untuk kali pertama sepanjang sejarah, Merah Putih berkibar di lintasan Formula One (F1) bersamaan dengan aksi perdana Rio Haryanto di Grand Prix (GP) Australia, Minggu (20/3/2016) sore waktu setempat. Pembalap asal Kota Bengawan itu pun tak sabar membawa nama Indonesia di balapan jet darat musim ini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Ini adalah mimpi saya sejak lama dan saya menikmati setiap menit. Ini adalah saat menakjubkan untuk saya dan negara saya. Saya ingin menguasai semuanya karena ini adalah akhir pekan yang akan saya ingat di sisa hidup saya,” kata Rio, seperti dilansir Manorracing.wordpress.com, Rabu (16/3/2016).

Setelah melalui perjuangan berliku, Rio akhirnya bisa memulai debut di balapan jet darat bersama tim Manor Racing. Dia akan tampil bersama rekan satu timnya, Pascal Wehrlein, yang juga sesama rookie di F1 musim ini.

Rio sempat kembali ke Indonesia seusai menjalani tes pramusim di Barcelona, awla bulan ini. Dia tiba di Melbourne, Australia, Selasa (15/3/2016). Namun, Merah Putih telah lebih dulu dikabarkan berjajar dengan bendera negara-negara peserta lain di paddock Sirkuit Albert Park, Melbourne, Sabtu (12/3/2016). Sebelum mulai memacu mobilnya di lintasan, Rio mendapatkan kehormatan untuk mewakili Manor dalam konferensi pers menjelang balapan, Kamis (17/3/2016).

Rio akan memulai debut-nya di Sirkuit Albert Park dengan menjalani tiga sesi latihan bebas, Jumat-Sabtu (18-19/3/2016). Pembalap berusia 23 tahun itu kemudian harus menggeber mobil MRT05 bikinan Manor bermesin Mercedes untuk memperebutkan posisi starting grid terbaik dalam sesi kualifikasi, Sabtu sore waktu setempat. Puncaknya, dia akan menorehkan sejarah dengan bersaing di balapan GP Australia, Minggu sore waktu setempat.

Sebenarnya, Rio merasa belum melahap persiapan maksimal menatap balapan perdana di Melbourne. Terlebih, dia hanya berpartisipasi dalam separuh dari sesi tes pramusim di Sirkuit Catalunya, Barcelona. Kendati demikian, pembalap yang finis di peringkat keempat klasemen GP2 musim lalu itu mengaku telah siap turun di Sirkuit Albert Park.

“Persiapan hanya empat hari tapi kami mengemas banyak hal dalam waktu yang singkat itu. Kami mempersiapkan segalanya, single lap, simulasi balapan, simulasi kualifikasi, latihan starts, latihan berhenti, serta seluruh daftar dalam prosedur balapan lainnya di akhir pekan. Tentu, Anda selalu ingin waktu lebih lama untuk persiapan, tapi saya siap,” ujar Rio.

Optimisme senada diungkapkan Racing Director Manor, Dave Ryan, yang merasa performa mobil mereka telah berkembang pesat setelah menjalani tes di Barcelona. Dia juga percaya kedua rookie Manor bisa meraih hasil terbaik di GP Australia.

“Kami tahu telah membuat perbaikan di setiap area dari mobil 2015, jadi itu adalah poin awal. Namun, kami juga tahu perlu meningkatkan performa mobil secara operasional. Mari kita beri waktu satu hari dan kemudian melihat bagaimana performa kami setelah Jumat nanti,” kata Ryan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya