SOLOPOS.COM - Pembalap Mercedes Lewis Hamilton meloncat di podium setelah keluar sebagai juara dunia menyusul kememenangannya di GP AS. JIBI/Reuters/Adrees Latif

Formula One 2016 GP Spanyol mengabarkan Lewis Hamilton meraih pole position.

Solopos.com, BARCELONA — Pembalap Mercedes GP, Lewis Hamilton, start terdepan di balapan Formula One 2016 GP Spanyol, Minggu (15/5/2016) besok. Sementara itu, pembalap Indonesia, Rio Haryanto memulai balapan dari posisi juru kunci alias paling belakang.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Seperti dilansir Detik, Sabtu (14/5/2016), pada sesi kualifikasi Formula One 2016 yang dihelat di sirkuit Catalunya, Montmelo, Barcelona, Sabtu malam WIB, Hamilton tampil prima sejak sesi pertama. Pada akhirnya dia menajamkan catatan waktunya di sesi ketiga kualifikasi dan berhak atas pole position.

Catatan waktu Hamilton adalah 1 menit 22.000 detik atau 0,28 detik lebih baik ketimbang rekan setimnya Nico Rosberg yang harus puas start dari posisi kedua, meski dia sudah berusaha menggeber mobilnya di detik-detik akhir.

Performa hebat ditunjukkan dua pembalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen, yang berhasil menempati posisi ketiga serta keempat sesi kualifikasi Formula One 2016 GP Spanyol.

Ricciardo punya catatan waktu 1 menit 22,680 detik sementara Verstappen yang melakoni debutnya bersama Red Bull punya 1 menit 23,087 detik. Duo Ferrari tampil buruk di sesi kualifikasi Gp Spanyol.

Kimi Raikkonen cuma start di posisi kelima dengan catatan waktu 1 menit 23,113 detik, Sebastian Vettel di posisi keenam dengan 1 menit 23,334 detik. Melengkapi posisi 10 besar adalah Valtteri Bottas, Carlos Sainz, Sergio Perez, dan Fernando Alonso.

Pembalap Manor racing asal Indonesia, Rio Haryanto, meraih hasil mengecewakan dengan hanya start dari posisi paling bawah yakni ke-22 dengan catatan wakti 1 menit 25,939 detik. Dia kalah cepat beberapa detik ketimbang rekan setimnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein. Berikut hasil lengkap sesi kualifikasi GP Spanyol 2016:

Kualifikasi Formula One (Twitter)

Kualifikasi Formula One (Twitter)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya