SOLOPOS.COM - Fernando Alonso (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Formula One 2016 dengan mundurnya Nico Rosberg.

Solopos.com, WINA — Pembalap McLaren, Fernando Alonso, dijagokan menjadi pengganti Nico Rosberg yang secara mengejutkan mundur dari ajang Formula 1 (F1), Jumat (2/12/2016) lalu. Alonso dinilai pas mengisi satu kursi kosong Mercedes lantaran pernah berpartner dengan Lewis Hamilton semasa di McLaren.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

[Baca: Rosberg Pensiun dari F1]

Dalam jajak pendapat yang digelar Crash.net hingga Sabtu (3/12/2016) pukul 18.30 WIB, Alonso menjadi pembalap yang paling difavoritkan menggantikan Rosberg dengan jumlah pemilih mencapai 27%. Peraih dua gelar juara F1 ini memang santer disebut sebagai salah satu kandidat pembalap kedua Mercedes.

Pengalaman di ajang jet darat serta hubungan baiknya dengan Hamilton membuat kans Alonso melompat ke Mercedes terbuka lebar. Masalahnya, pembalap asal Spanyol itu telah menandatangani kontrak dengan McLaren musim depan.

Selain Alonso, Jenson Button dijagokan menjadi suksesor Alonso. Lelaki yang baru saja mundur dari F1 untuk menjadi bagian manajemen McLaren itu meraih polling sekitar 16%. Button juga pernah menjadi partner Hamilton di McLaren selama tiga musim yakni 2010-2012.

Pembalap test drive Mercedes, Pascal Wehrlein, menjadi unggulan ketiga pengganti Rosberg dengan 14%. Selama ini Wehrlein lebih sering dihubungkan dengan Sauber dan Manor untuk balapan musim depan.

Lewis Hamilton tidak mempermasalahkan siapa pengganti Nico Rosberg. Pembalap Inggris itu mengaku hanya butuh perlakuan adil dari Mercedes. Diketahui, Hamilton sempat dikritik timnya lantaran strategi yang dilancarkan sang pembalap pada seri pamungkas di Abu Dhabi. Mercedes berang karena Hamilton sengaja melambatkan mobil untuk memperbesar peluang juara dunia.

Hamilton pun terancam denda dan skorsing atas perilaku tersebut. “Selama kami diperlakukan adil, tidak masalah siapapun tandem Anda,” ujarnya seperti dilansir Motorsport, Sabtu.

Sementara itu, Mercedes tak akan terburu-buru mencari pengganti Rosberg. Bos Mercedes, Toto Wolff, mengisyaratkan akan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dalam mengambil keputusan. Sejauh ini nama-nama seperti Sebastian Vettel, Fernando Alonso, Valtteri Bottas, Pascal Wehrlein hingga Esteban Ocon mulai dikaitkan dengan Mercedes.

Tiga nama yang disebut terakhir bahkan dikabarkan bersedia membalap bersama tim asal Jerman itu. “Kami menuju sebuah era baru dan ada sebuah tempat lowong di Mercedes. Kami akan mengambil waktu yang cukup untuk mengevaluasi opsi-opsi yang kami punya,” ujar Wolff. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya