SOLOPOS.COM - Bernie Ecclecstone (tengah) di antara para pembalap Formula 1. JIBI/Ist/granprix.com

Solopos.com, LONDON – Tes pramusim Formula 1 di Jerez, Spanyol menuai cibiran dari Bernie Ecclestone. Cibiran mantan tokoh di dunia balap jet darat itu dilontarkan sehubungan dengan sejumlah regulasi baru di F1.

Seperti diketahui, F1 baru saja menuntaskan tes pramusim pertama, yang berlangsung selama empat hari, di Jerez. Ecclestone mencibir jalannya tes itu dan menyalahkan peraturan baru, yang banyak di antaranya tidak ia dukung.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Lihat saja beberapa hari terakhir. Saya sudah pernah bilang akan jadi seperti ini… sebuah lelucon,” cetusnya kepada Daily Mail yang dikutip ESPN F1 dan detiksport.

“Mereka (FIA dan para tim) bersikeras akan mesin-mesin baru ini. Jika mereka ingin balapan seperti itu mereka harus pergi ke Le Mans,” ceplos Ecclestone.

Pria yang sudah mundur dari manajemen F1 walaupun masih menjalankan tugas keseharian GP F1 itu lantas mencontohkan mengenai penggunaan mesin baru, dari sebelumnya konfigurasi mesin V8 menjadi V6.

“Mereka bicara mengenai penghematan bahan bakar. Mereka tak butuh mesin-mesin baru ini untuk melakuannya. Mereka harusnya menggunakan motorhome lebih kecil. Maka mereka tak butuh sedemikian banyak truk berkeliling Eropa. Mercedes pergi ke mana-mana dengan menggunakan 23 truk. Jika mereka benar-benar ingin menghemat bahan bakar, harusnya itu yang dilarang.”

“Seluruh hal mengenai mesin-mesin baru ini benar-benar absurd. Para penggemar ingin ingar-bingar–sesuatu yang spesial, itulah inti dari F1–dan kini kami memiliki mesin-mesin sunyi,” kritik Ecclestone.

Namun demikian, ada satu hal yang diakui Ecclestone akan lahir dari perubahan-perubahan di musim 2014. “Musim bisa jadi amat menarik… benar-benar sulit diterka, dan itu bagian menariknya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya