SOLOPOS.COM - Sirkuit Monza (Worldsbk)

Formula One kembali bisa digelar di Sirkuit Monza, Italia.

Solopos.com, MONZA – Grand Prix (GP) Italia bakal lebih lama digelar di Sirkuit Monza menyusul rencana penandatanganan perpanjangan kontrak selama tujuh tahun. Kelangsungan balapan di salah satu sirkuit tertua di dunia itu sempat dipertanyakan sepanjang musim panas lalu karena penyelenggara GP Italia dan Direktur F1, Bernie Ecclestone, kesulitan mencapai kesepakatan soal kontrak anyar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Penyelenggara GP Italia juga mengeluh tidak sanggup memenuhi biaya tuan rumah yang ditetapkan oleh pemegang hak komersial F1. Negosiasi kontrak anyar untuk GP Italia menemui jalan buntu hingga akhir 2015. Namun, beberapa pihak mulai memberi sinyal positif pada awal tahun ini.

Kepala Automobile Club of Italy (ACI), Angelo Sticchi Damiani, optimistis bisa segera menemukan solusi untuk membuat balapan F1 bakal bertahan lebih di Monza. Salah satunya adalah dengan meminta pemerintah Italia turut berperan menanggung biaya balapan yang sebelumnya lebih banyak ditanggung oleh Automobile Club of Milan (ACM).

“Balapan di Monza mengalami masa sulit, tapi kondisi terburuk telah berakhir sekarang. Kami hampir mencapai kesepakatan penandatanganan kontrak dengan Ecclestone untuk memastikan grand prix di Monza selama tujuh tahun ke depan,” kata Damiani, seperti dilansir Crash.net, Minggu (10/1/2016).

Sesuai isi revisi pasal 183, ACI bakal diperbolehkan menggunakan keuntungan mereka untuk membantu mempertahankan GP Italia di kalender F1. ACM yang saat ini dipimpin mantan pembalap Ferrari, Ivan Capelli, juga diharapkan tetap menyumbangkan dana.

“Ada satu pengorbanan terakhir yang dibutuhkan untuk membuat lintasan tertua di dunia ini bertahan di kalender F1 dan kami akan berjuang supaya ACI membuat pengorbanan itu,” imbuh Damiani.

Di sisi lain, Capelli juga telah mengungkapkan keyakinannya untuk mempertahankan balapan di Monza. ACM bersedia menyuplai dana 6,5 juta euro (Rp98,8 miliar) untuk mengamankan GP Italia lewat penjualan tiket dan sponsorships. Baik ACM maupun ACI yakin kesepakatan perpanjangan kontrak dengan F1 bakal tercapai pada akhir bulan ini.

Kabar tersebut menjadi angin segar bagi para pembalap yang menyukai lintasan Monza, seperti Sebastian Vettel, Lewis Hamilton, serta Felipe Massa. “Ini [Monza] adalah lintasan terbaik kedua yang pernah saya lalui. Emosi di podium sangat luar biasa. Jika kami kehilangan balapan itu dari kalender F1 hanya karena alasan uang, saya rasa Anda telah menyakiti hati kami,” ujar Vettel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya