SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Formula One musim depan masih suram bagi tim Red Bull. Ini karena McLaren ogah berbagi mesin.

Solopos.com, AUSTIN— Performa McLaren sejak berpartner dengan Honda untuk urusan mesin mobil Formula One (F1) memang belum menunjukkan hasil yang signifikan di musim 2015. Namun demikian, bukan berarti McLaren mau melepas Honda untuk bekerja sama dengan tim lain seperti Red Bull.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Ya, sejak berpisah dengan Renault, Red Bull terus mencari supplier baru untuk mobil mereka demi kejuaraan musim 2016. Sayang, mereka mengalami penolakan dari dua produsen mesin raksasa F1, Mercedes dan Ferrari. Alhasil, hanya Honda yang tersisa sebagai kandidat pemasok mesin bagi tim juara dunia empat kali ini.

Namun demikian, McLaren yang punya kontrak eksklusif dengan pabrikan mesin asal Jepang itu ogah berbagi dengan tim mana pun. Tim asal Woking, Inggris, itu menginginkan Honda berkonsentrasi penuh kepada mereka. Meski gagal total sepanjang musim ini, McLaren optimistis keadaan itu membaik di musim depan.

“Kami bekerja sama dengan Honda sebagai partner resmi dan ini satu-satunya cara kami bisa juara dunia. Ini keistimewaan yang kami inginkan dan kami tak mau berbagi dengan yang lain,” papar Direktur Balap McLaren, Eric Boullier, dilansir crash.net, Selasa (27/10/2015).

Sepanjang musim 2015 McLaren-Honda memang lebih banyak menelan hasil buruk daripada bagus. Dari 16 seri yang sudah berlangsung, mereka baru mengantongi 27 poin. Alhasil, mereka terjebak di peringkat kedua terbawah, yakni kesembilan, di papan klasemen konstruktor. Tim terbaik kedua di F1 ini bahkan kalah saing dari tim medioker seperti Force India, Lotus, Sauber, dan Toro Rosso.

Sedangkan di kursi pembalap, Jenson Button dan Fernando Alonso, terperosok di urutan ke-16 dan ke-17 klasemen driver. Meskipun demikian, kerja sama dua juara dunia tersebut menyimpan harapan membaik mengingat mereka sempat finis menyakinkan di beberapa seri. Catatan terbaik Button adalah finis keenam di GP Amerika Serikat, sementara Alonso terbaik kelima di GP Hungaria.

“Ini seperti yang kami inginkan. Kami bisa mendapatkan hasil apik di hari yang berat. Kami melakukan pekerjaan bagus. Namun demikian, mobil kami belum bisa maksimal,” jelas Button, dilansir planetf1.com. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Tim Formula One McLaren menolak berbagi dengan Red Bull yang akan memakai jasa Honda. Ist/motosport.

Tim Formula One McLaren menolak berbagi dengan Red Bull yang akan memakai jasa Honda. Ist/motosport.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya