SOLOPOS.COM - Sejumlah atlet panjat tebing berlatih sebelum mengikuti pertandingan kualifikasi putri panjat tebing nomor speed di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (6/5/2023). (Antara/Galih Pradipta)

Solopos.com, JAKARTA – Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid, optimistis Indonesia bisa kembali meloloskan atlet panjat tebing ke Olimpiade 2024 Paris.

Hal itu disampaikan Yenny Wahid dalam kunjungannya ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjelang bergulirnya Kualifikasi Panjat Tebing Asia yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 9-12 November 2023.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

“Nah itu ada tiket ke Olimpiade-nya dan kita optimis atlet kita bisa lolos. Kemudian juga ada Kualifikasi Olimpiade di Paris pada periode Maret-Mei 2024, kita juga menargetkan bisa dapat tiket ke Olimpiade. Mohon doa dan dukungannya,” kata Yenny Wahid dikutip dari Antara, Selasa (22/8/2023).

Yenny menyampaikan ajang Kualifikasi Panjat Tebing Asia nantinya akan digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Saat ini FPTI juga tengah menyiapkan para atletnya untuk bersaing pada Asian Games 2023 Hangzhou.

“Kami siap untuk berjuang di Asian Games dan meraih prestasi,” kata Yenny.

Sebelumnya Indonesia telah menyegel satu tiket menuju Olimpiade 2024 Paris melalui cabang olahraga panjat tebing kategori speed putri.

Atlet andalan Indonesia Desak Made Rita mengamankan satu tiket otomatis ke Paris setelah meraih medali emas dalam ajang IFSC Climbing World Championships 2023 di Bern.

Hanya ada 14 tiket menuju Olimpiade Paris untuk nomor speed di setiap kategori putra dan putri. Setiap negara bisa menempatkan empat atletnya, dua putra dan dua putri, apabila telah lolos kualifikasi.

Selain melalui tahap kualifikasi zona kontinental, perburuan tiket Paris 2024 juga bisa diperoleh dengan pengumpulan poin melalui Olympic Qualifier Series yang akan dimulai pada Maret hingga Juni 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya