SOLOPOS.COM - Francesco Guidolin (Reuters / Rebecca Naden)

Francesco Guidolin resmi didepak Swansea City.

Solopos.com, SWANSEA – Tragis benar nasib Francesco Guidolin. Di hari jadinya yang ke-61 tahun, Senin (3/10/2016), pelatih Swansea City ini justru mendapat kado pemecatan dari klubnya.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Guidolin dianggap gagal menangani The Swans, julukan Swansea, musim ini karena terpuruk di peringkat ke-17 klasemen. Italiano itu digantikan mantan pelatih Timnas Amerika Serikat, Bob Bradley. Kekalahan melawan Liverpool di Liberty Stadium, Sabtu (1/10/2016), menjadi pemicu kado buruk bagi Guidolin.

Sebelumnya mantan pelatih Bologna ini mengawali musim secara tidak meyakinkan dengan hanya meraih satu kemenangan dari tujuh laga. Kado pemecatan semakin menyesakkan mengingat Guidolin baru saja mendapat kontrak menangani Swansea selama dua tahun, Mei 2016 lalu. Guidolin menahkodai Swansea setelah menggantikan Garry Monk Januari tahun ini.

“Kami jelas kecewa harus memutuskan hubungan dengan Francesco. Kami merasa dia berhak mendapat kesempatan setelah apa yang dia lakukan musim lalu. Sayangnya kami tidak bisa membawa performa musim kemarin [saat ini] dan kami perlu melakukan perubahan secepatnya,” ujar Chairman Swansea, Huw Jenkins, seperti dilansir Mirror.co.uk, Senin.

Jenkins mengatakan klub berterimakasih pada Guidolin atas capaiannya selama ini. Disinggung pemilihan Bob Bradley, Jenkins mengatakan pelatih tersebut memiliki pengalaman domestik dan internasional yang mumpuni. Sebelumnya mantan pemain Manchester United, Ryan Giggs, digadang-gadang melatih Jack Cork dkk.

“Dia paham filosofi bermain tim dan akan memberikan kami kepemimpinan yang kuat serta kepercayaan diri baru,” lanjut Jenkins.

Guidolin bukannya tak sadar lonceng pemecatan berada sejengkal dari wajahnya. Sebelum melawan Liverpool, Guidolin pasrah dipecat jika tak mampu mengalahkan Adam Lallana dkk. “Itu bisa saja terjadi. Mungkin. Ini tidak mudah [untuk mengalahkan Liverpool],” ujarnya seperti dilansir Theguardian.com, Sabtu.

Badai pemecatan pelatih tak hanya mendera Liga Premier Inggris. Di Seri-A, pelatih Udinese Giuseppe Iachini harus meletakkan jabatan setelah dipermalukan Lazio 0-3 di Stadion Friuli. Posisinya bakal digantikan Luigi del Neri.

Pemecatan Roberto di Matteo dari jabatannya sebagai pelatih Aston Villa semakin menambah daftar panjang pelatih Italia yang didepak pekan ini. Pelatih yang pernah membawa Chelsea menjuarai Liga Champions 2011/2012 itu didepak setelah hanya membawa Villa ke posisi 19 Divisi Championship Inggris musim ini. Terakhir The Villans keok 0-2 di tangan Preston North End.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya