SOLOPOS.COM - Gelandang serang Spanyol Pedro berselebrasi setelah ciptakan gol ke Italia. JIBI/Rtr/Paul Hanna

Solopos.com, MADRID — Spanyol sukses memenangkan big match dengan Italia di Vicente Calderon, Madrid, Kamis (6/3/2014) pagi WIB. Kemenangan La Furia Roja ditentukan lewat gol tunggal Pedro Rodriguez di babak kedua.

Pada laga tersebut, Spanyol –seperti biasanya– tampil mendominasi penguasaan bola. Soccernet seperti dikutip detiksport melansir, Spanyol unggul penguasaan bola hingga 70% atas Italia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tidak hanya itu, tim besutan Vicente Del Bosque tersebut juga unggul dalam penciptaan peluang. Tercatat, Spanyol melepaskan 21 attempts, kendati hanya lima di antaranya tepat sasaran. Sementara Italia punya tiga attempts dan hanya satu yang tepat sasaran.

Bomber Atletico Madrid, Diego Costa, untuk pertama kalinya tampil dengan kostum tim nasional Spanyol. Mengenakan nomor 19, pemain berdarah Brasil itu tampil penuh. Tercatat, dia jadi pemain Spanyol yang paling agresif dengan empat percobaan mencetak gol –kendati tidak satu pun attempts-nya tepat sasaran.

Di babak pertama, Gianluigi Buffon harus bekerja keras. Tidak hanya menghalau serangan dari Spanyol tetapi juga beberapa kali menutup pergerakan para pemain yang bergerak dari sisi lapangan semodel Jordi Alba.

Pada akhirnya, Buffon menciptakan empat penyelamatan sepanjang laga, namun tetap saja gawangnya tidak bebas dari kebobolan.

Di sisi lain, Iker Casillas nihil menciptakan penyelamatan. Sementara penggantinya, Victor Valdes –yang masuk pada menit ke-45–, akhirnya membuat satu penyelamatan.

Usaha Cesare Prandelli memasukkan Andrea Pirlo di babak kedua juga tidak membuat banyak perubahan. Sebaliknya, Del Bosque memasukkan Xabi Alonso dan David Silva.

Silva akhirnya berperan dalam proses terciptanya gol Spanyol di menit ke-63. Gelandang Manchester City itu menggiring bola sampai mendekati kotak penalti Italia, sebelum akhirnya dia bertukar operan dengan Andres Iniesta.

Usaha Silva menerobos masuk kotak penalti, setelah menerima operan Iniesta, kemudian gagal. Namun, bola yang muntah dari kakinya disambar oleh Pedro. Bola sempat mengenai kaki Buffon, namun tetap saja bergulir masuk ke dalam gawang.

Gol tersebut kemudian jadi satu-satunya gol di dalam pertandingan dan Spanyol pun sukses menundukkan lawan yang mereka hadapi di final Euro 2012 tersebut. (JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya