SOLOPOS.COM - Balotelli dan Ramos bakal berhadapan dalam laga persahabatan. Foto: Ist/xidigaha.com

Solopos.com, MADRID – Juara dunia Spanyol akan menjamu Italia di Stadion Vicente Calderon dalam laga persahabatan, dan kedua tim sama-sama membawa sederet pemain anyar. Sejumlah pengamat mengunggulkan kemenangan tipis bagi El Matador, julukan bagi Timnas Spanyol.

Kedua timnas yang siap berlaga di Piala Dunia 2014 di Brasil itu bersiap saling menjajal kekuatan dalam pertandingan yang diadakan pada Kamis dini hari, pukul 04.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh RCTI.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Italia menyandang beban psikologis. Berkaca dari final Piala Eropa 2012, Gli Azzurri, julukan Timnas Italias ditaklukkan Iniesta dan kawan-kawan dengan skor yang relatif mencolok, 0-4. Di Piala Konfederasi 2013, Italia menelan pil pahit kekalahan.

Capaian itu jelas-jelas membuat Prandelli ketar-ketir, bahkan mengapungkan nada pesimisme. Untuk itu, Pirlo dan kawan-kawan diharapkan mampu menggali untuk menemukan noktah kekuatan lawan.

 

Berikut data dan fakta kedua tim yang dilnasir kantor berita Antara:

* Diego Costa, pemain debutan bagi Spanyol, dilengkapi kebugaran dan kesiapan mental yang memadai. Perannya di Atletico Madrid demikian besar.

* Del Bosque masih perlu menyelesaikan pekerjaan rumah soal harmonisasi antara Costa dan Sergio Ramos dan Xabi Alonso. Kedua pemain ini telah demikian lekat selama berlaga di La Liga. “Ia (Costa) tidak akan menemui hambatan bermain bersama timnas,” kata Del Bosque.

* Kedatangan Costa menambah energi baru bagi Spanyol. Kubu Italia perlu ekstra memutar otak dalam meracik strategi.

* Del Bosque kehilangan sejumlah pemain reguler, yakni Fernando Torres, David Villa, gelandang Juan Mata, dan striker Fernando Llorente dengan Thiago Alcantara menjadi salah satu alternatif.

* Kalau Spanyol memang mengandalkan tiki-taka ketika berjaya di Piala Dunia di Afrika Selatan, dan pola “false nine” di Polandia dan Ukrania, maka Del Bosque bukan tidak mungkin bakal mengusung pola bersama formasi  anyar yang mendekati fantastis ketika berlaga di Piala Dunia 2014 di Brasil.

* Pertandingan melawan Italia ini juga merupakan ujian bagi Del Bosque untuk melihat dengan lebih terang benderang kekuatan dan kekokohan lini pertahanan timnya jelang perhelatan di Brasil nanti.

* Gerard Pique akan absen ketika melawan Italia karena masih dibekap cedera, dan Ramos akan mengisi kekosongan itu utamanya di lini bek tengah. Javi Martinez dapat juga menjadi pilihan Del Bosque untuk memperkuat dan melapis pertahanan.

* Jordi Alba tetap menempati posisi bek kiri. Jordi Alba absen, pada posisi yang sama masih ada pilihan yakni Cesar Azpilicueta yang kini bermain di Chelsea, sementara bek Atletico Juanfran Torres siap berkompetisi menempati lini pertahanan.

* Prandelli masih dihadapkan pada soal etika perilaku pemain, kalau memang ia tidak mengandalkan gelandang kunci Daniele De Rossi. De Rossi tergusur dari skuad Azzurri ketika ia memukul salah seorang pemain lawan ketika membela AS Roma. Ia dihukum tidak boleh bermain dalam tiga laga Serie A.

* Prandelli juga memanggil bek Giorgio Chiellini meski ada lontaran kritik pedas dari pelatih Juventus Antonio Conte, karena pemain yang menempati posisi sebagai bek itu masih menjalani masa pemulihan dari cedera. “Segala energi harus dikerahkah kepada persiapan jelang Piala Dunia. Tidak ada tempatnya lagi untuk menebar kontroversi,” kata Prandelli.

 

Prakiraan susunan pemain:

Spanyol (4-3-3):

Casillas (penjaga gawang), Alba, Ramos, Albiol, Juanfran, Busquets, Alonso, Xavi, Iniesta, Costa, Pedro

Pemain cadangan:

Valdes, Reina, Azpilicueta, Javi Martinez, Fabregas, Thiago, Koke, Navas, Silva, Cazorla

Italia (4-3-3):

Buffon (penjaga gawang), Abate, Astori, Bonucci, Criscito, Montolivo, Pirlo, Motta, Candreva, Osvaldo, Cerci



Pemain cadangan:

Perin, Sirigu, Barzagli, De Sciglio, Giaccherini, Marchisio, Parolo, Verratti, Gilardino, Immobile, Insigne, Destro

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Spanyol 2-1 Italia (17,77 persen)

* Spanyol 1-2 Italia (10,23 persen)

* Spanyol 1-1 Italia (  9,58 persen)

Prediksi editor Antaranews.com:  Spanyol 2- 1 Italia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya