SOLOPOS.COM - Gerard Artigas (Istimewa/Persis Solo Official)

Solopos.com, SOLO— Gerard Artigas diperkenalkan sebagai pemain asing pertama Persis Solo. Pemain Spanyol jebolan akademi Barcelona itu diharapkan menjadi salah satu tumpuan Laskar Sambernyawa dalam mengarungi Liga 1.

Pemain yang musim lalu membela Inter Club d’Escaldes di kasta tertinggi Liga Andorra itu ikut menyaksikan laga uji coba Persis Solo melawan Bali United pada Minggu (5/6/2022).

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Pelatih Persis Solo, Jacksen Ferreira Tiago, saat dijumpai wartawan, Senin (6/6/2022) mengatakan setelah Artigas masih ada dua pemain asing lagi yang datang dalam waktu dekat. Jacksen tidak menjamin Artigas menjadi pilihan utama di Piala Presiden maupun Liga 1 mendatang.

Baca Juga: Sakjose! Persis Solo Datangkan Pemain Asing Jebolan Akademi Barcelona

“Tergantung mereka (pemain asing), pelatih tidak menentukan apa pun. Pelatih hanya acc saja, yang menentukan mereka sendiri dengan kerja keras,” kata dia.

Ia mencontohkan Artigas yang memiliki pesaing Samsul Arif sebagai ujung tombak. Artigas harus bersaing secara sehat. Tim pelatih memiliki penilaian secara fair.

“Kalau kita merekrut pemain tidak melihat paspor. Tetapi kemampuan keseharian di lapangan. Suasana persaingan sehat,” kata dia.

Baca Juga: Persis Solo vs PSS Sleman Buka Piala Presiden 2022

Jacksen mengatakan pemain asing akan ada di setiap lini. Sehingga persaingan menjadi menarik termasuk dengan lima pemain muda Persis Solo Youth yang telah promosi.

“Sementara lima pemain Youth cukup. Selebihnya bersama Coach Rasiman,” imbuh dia.

Di sisi lain, Artigas bersama Inter Club d’Escaldes, Artigas berhasil mencatatkan 31 penampilan di seluruh kompetisi dengan catatan 15 gol dan 4 assist. Artigas mengaku dirinya sudah sangat siap untuk membela Laskar Sambernyawa musim depan.

Baca Juga: Duel Tim Juara, Persis Solo dan Bali United Berbagi Angka 2-2

“Saya sangat senang berada di sini. Kesempatan ini merupakan kesempatan yang sangat sulit untuk saya tolak, tidak mungkin saya abaikan. Semoga dapat segera memulai bekerjasama dengan tim secepatnya,” kata pemain berkebangsaan Spanyol itu dalam keterangan resminya, Minggu (5/6/2022).

Indonesia menjadi pelabuhan perdana Artigas untuk memulai karier di benua Asia. Sebelum kedatangannya di Indonesia, terlebih dahulu Artigas telah mencari tahu mengenai latar belakang Persis Solo.

“Ya tentu sebelumnya sudah mencari tahu tentang klub ini. Klub yang penuh dengan sejarah di Indonesia dan keberadaan fans juga sangat luar biasa. Sangat tidak sabar untuk memberikan kontribusi gol sebanyak mungkin dan membantu tim in berjuang menghadapi Liga di musim depan,” kata dia.

Baca Juga: Turun Minum, Persis Solo Sikat Bali United 1-0 dalam Uji Coba Tertutup

 

Papan Atas Klasemen

Artigas berharap dapat memberikan kontribusi yang lebih terhadap Persis Solo di musim depan. Dia ingin mendongkrak performa tim dan memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki.

Ia berharap Persis Solo menyelesaikan musim depan di papan atas klasemen dan mampu memberikan yang terbaik untuk membanggakan semua orang yang mencintai klub Persis Solo.

Terkait adaptasi, Artigas merasa hal tersebut bukanlah masalah yang terlalu sulit. Menurutnya orang Indonesia sangat  ramah dan terbuka terhadap orang asing.

Baca Juga: Persis Solo Tak Terkalahkan pada 2 Uji Coba, Begini Kata Jacksen Tiago

Selain itu, Artigas mungkin akan lebih fokus untuk meningkatkan kebugarannya terlebih dahulu agar ia bisa segera tampil Laskar Sambernyawa.

“Cuaca musim panas di sini juga tidak jauh berbeda dengan yang ada di Spanyol. Lalu sebagai langkah awal, mungkin saya akan meningkatkan kebugaran terlebih dahulu karena jeda kompetisi membuat saya kelebihan berat badan. Mungkin ini akan menjadi sedikit masalah, saya butuh sekitar 1-2 minggu latihan bersama tim agar dapat fit kembali,” kata Artiga.

 



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya