SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Victor Moses (kedua dari kiri), diapit Juan Mata (paling kiri) dan pemain Chelsea lainnya, merayakan gol penentu kemenangan Chelsea atas Shakhtar Donetsk pada laga lanjutan Liga Champions Grup E di Stamford Bridge, Kamis (8/11/2012) dini hari WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON—Upaya Chelsea melakukan revans terhadap Shakhtar Donetsk berakhir sesuai rencana. Meski harus bersusah payah, Chelsea akhirnya mau menundukkan Shakhtar Donetsk 3-2 pada laga lanjutan Grup E Liga Champions di Stamford Bridge, Kamis (8/11/2012) dini hari WIB.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pembalasan Chelsea berlangsung secara dramatis. Victor Moses yang masuk menggantikan Oscar di menit 79, membawa Chelsea unggul atas Shakhtar beberapa saat menjelang bubaran. Tepatnya di menit ke 90+4, Moses menjebol gawang Shakhtar melalui sundulan setelah memanfaatkan umpan pojok Juan Mata.

Kedudukan ini membuat Chelsea pun sukses membalas kekalahan pada pertemuan sebelumnya atas Shakhtar 1-2 di Donetsks, dua pekan lalu. Selain itu, torehan tiga poin kembali membawa Chelsea memuncaki klasemen Grup E dengan nilai tujuh, unggul atas Shakhar yang mengoleksi poin sama di urutan kedua, namun kalah dalam agregat gol.

Semula laga berjalan sama kuat 2-2. Shakhtar yang berstatus sebagai tim tamu tak terlihat gentar meladeni deretan pemain top The Blues, julukan Chelsea.

Hirnyky, julukan Shakhtar, bahkan berani memberi tekanan kepada jawara Liga Champions musim lalu itu. Namun, The Blues mampu memastikan keunggulan lebih dulu melalui Fernando Torres di menit keenam. Torres menjebol gawang Shakhtar setelah memanfaatkan kesalahan penjaga gawang, Pyatov, yang berniat membuang bola safety first.

Namun, keunggulan The Blues tak bertahan lama. Shakhtar merespon dengan cepat ketertinggalannya melalui Willian, tiga menit berselang. Gelandang asal Brazil ini melepaskan tembakan dari luar kotak penalti untuk menjebol sisi kiri gawang Petr Cech.

Chelsea yang melabeli laga kontra Shakhtar ini sebagai partai wajib menang tak tinggal diam. Dalam kedudukan sama kuat, skuat besutan Roberto di Matteo ini terus menggempur pertahanan Shakhtar melalui serangan balik cepat dan mengandalkan passing terukur.

Upaya Chelsea menemui jalan di menit ke-40. Bermula dari passing terukur Juan Mata ke arah Torres, bola sapuan Pyatov yang keluar dari kotak penalti justru mendarat di kaki Oscar. Dengan sekali sentuh, Oscar pun langsung melepas tembakan jarak jauh untuk membawa timnya memimpin.

Pada babak kedua, Shakhtar mengambil inisiatif serangan. Upaya Shakhtar menyamakan kedudukan berbuah positif, lagi-lagi melalui Willian yang menjebol gawang Cech setelah memanfaatkan umpan tarik Dario Srna di menit ke-47.

Dalam posisi imbang, pertandingan berjalan semakin memanas. Jual-beli serangan terjadi di antara kedua kubu.

Shaktar yang hanya membutuhkan hasil seri pun tak mengendurkan serangan. Begitu pula dengan Chelsea yang ingin mengemas hasil maksimal di depan pendukungnya.

Meski demikian, upaya Chelsea selalu menemui kendala karena displinnya barisan pertahan Shakhtar. Baru, menjelang bubaran, Chelsea mampu menutup laga dengan kemenangan melalui tandukan Moses.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya