SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel [kanan], menrayakan kemenangannya di samping rivalnya, pembalap Ferrari Alonos [kiri], yang hanya mampu menyabet posisi kedua pada GP India di Buddh International Circuit, Minggu (28/10/2012). JIBI/SOLOPOS/Reuters

NEW DELHI—Pembalap Red Bull-Renault, Sebastian Vettel, mencatatkan  kemenangan keempatnya secara beruntun musim ini. Vettel mengukir quattricksetelah merebut podium utama di Grand Prix [GP] Formula One [F-1] India, Minggu (28/10/2012).

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Dalam 60 lap yang berlangsung di Sirkuit Buddh International, dominasi Vettel tak tergoyahkan. Mengawali lomba dari garis terdepan, juara musim lalu ini, langsung melesat untuk meninggalkan para rivalnya.

Vettel mencapai garis finish paling awal dengan catatan waktu satu jam 31 menit 10,744 detik. Sementara, rival terdekat Vettel, pembalap Ferrari, Fernando Alonso menempel di belakangnya dengan torehan waktu 9,437 detik lebih lambat. Menyusul di belakang Alonso adalah rekan setim Vettel, Mark Webber, dengan selisih 13,217 detik dari Vettel.

Kemenangan ini membuat Vettel memperbesar selisihnya dari Alonso dalam klasemen sementara pembalap. Vettel kukuh di puncak dengan torehan 240 poin atau unggul 23 poin dari Alonso.

Selain itu torehan ini juga membuat kans Vettel merengkuh juara dunia kali ketiganya secara beruntun kian besar. Tinggal menyisakan tiga balapan tersisa, ditambah performanya yang kian bersinar, bukannya tak mungkin Vettel bakal mewujudkannya.

Kemenangan di GP India ini menjadi yang kelima bagi Vettel sepanjang musim ini. Musim lalu, saat kali pertama GP India digelar, Vettel juga tampil sebagai juara.

“GP di sini sangat istimewa. Saya tak tahu apa alasannya. Tapi saya benar-benar menyatu di sini,” ujar Vettel di Reuters seusai balapan.

“Ini adalah langkah yang baik. Tapi masih cukup panjang untuk memastikan kemenangan,” ungkap Vettel terkait peluangnya mencetak hattrick juara dunia F-1.

Di sisi lain, Alonso mulai sedikit ragu dengan kansnya menjadi juara musim ini. Awalnya, Alonso sempat memimpin klasemen. Namun dengan kemenangan beruntun Vettel di tiga seri sebelumnya, membuat posisinya di puncak tergeser.

Kendati demikian, pembalap Spanyol itu enggan melempar handuk putih. Ia bakal berusaha hingga seri terakhir.

“Saat ini memang tak mudah melawan Red Bull, tapi kami tak akan pernah menyerah,” ujar Alonso.

“Saat ini memang baik untuk Red Bull dan Sebastian. Tapi kami akan mengakhiri dan menikmati di Brazil [seri terakhir]. Saya yakin kami bisa melakukannya,” imbuh Alonso.
Hasil GP F-1 India, Minggu (28/10/2012)
No    Pembalap    Tim    Catatan waktu
1    Sebastian Vettel    RedBull – Renault    1 jam 31 menit 10,744 detik
2    Fernando Alonso    Ferrari    +9.437d
3    Mark Webber    RedBull – Renault    +13.217d
4    Lewis Hamilton    McLaren    +13.909
5    Jenson Button    McLaren    +26.266
Klasemen Pembalap F-1
No    Pembalap    Tim    Poin
1    Sebastian Vettel    Red Bull    240
2    Fernando Alonso    Ferrari    227
3    Kimi Raikkonen    Lotus    173
4    Mark Webber    Red Bull    167
5    Lewis Hamilton    McLaren    165
Klasemen Konstruktor
No    Konstruktor    Poin
1    RedBull – Renault    407
2    Ferrari    316
3    McLaren – Mercedes    306
4    Lotus – Renault    263
5    Mercedes    136
Sumber: Reuters   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya