SOLOPOS.COM - Pembalap Red Bull Formula One Sebastian Vettel of Germany (tengah, bawah) merayakan kemenangan tim Red Bull seusai kemenangannya di sirkuit Austin, Amerika. (JIBI/Reuters/Mike Stone)

Solopos.com, AUSTIN – Juara dunia Formula 1 (F1) empat kali, Sebastian Vettel, tak henti-hentinya membuat rekor. Jagoan tim Red Bull Racing tersebut menjadi pembalap F1 pertama yang mengantongi delapan kemenangan beruntun dalam satu musim.

Rekor itu tercipta setelah Vettel menjadi yang tercepat di Grand Prix (GP) Amerika Serikat, Senin (18/11/2013) dini hari WIB. Secara keseluruhan, hasil ini menjadi kemenangan ke-12 Vettel sepanjang musim ini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Itu berarti Vettel satu langkah semakin dekat menyamai rekor Michael Schumacher yang meraup 13 kemenangan dalam semusim. Pekan depan di GP Brazil menjadi balapan pamungkas F1 di musim ini.

“Saya kehabisan kata-kata,” ujar Vettel melalui radio tim setelah memenangi balapan pertamanya di Circuit of the Americas seperti dilansir Reuters.

“Kami harus mengenang hari-hari seperti ini. Tidak ada jaminan hal seperti ini akan bertahan selamanya,” sambungnya. Tampil dari posisi pole, pembalap Jerman berusia 26 tahun itu memperlihatkan dominasinya saat finis di urutan pertama dengan keunggulan 6,2 detik atas Romain Grosjean asal tim Lotus yang finis di urutan kedua.

Rekan setim Vettel, Mark Webber, menyelesaikan balapan di urutan ketiga dalam balapan terakhirnya di Amerika. “Mobil sangat fantastis. Sedikit ketat di awal balapan, Romain melakukan start bagus dan saya tidak tahu apakah ini semua akan cukup,” ungkap Vettel yang melakukan debut F1 di Indianapolis bersama BMW Sauber pada 2007.

“Kami memiliki kecepatan yang bagus dan bisa mengontrol jarak untuk delapan kemenangan beruntun,” imbuh Vettel. Musim ini Vettel telah menyamai rekor Schumacher dengan memenangi tujuh balapan beruntun saat menjadi kampiun seri sebelumnya di GP Abu Dhabi.

Sementara rekor sepanjang masa dengan catatan sembilan kemenangan beruntun dipegang pembalap Italia, Alberto Ascari. Namun rekor itu diukir dalam dua musim di 1952-1953.

Hasil 10 Besar GP Amerika Serikat

Senin (18/11/2013) dini hari WIB

No     Pembalap     Tim    Catatan waktu

1.       Sebastian Vettel (Jerman) RedBull – Renault   1:39:17,148

2.       Romain Grosjean (Prancis)         Lotus – Renault      +00:06,284

3.       Mark Webber (Australia)  RedBull – Renault   00:08,396

4.       Lewis Hamilton (Inggris)  Mercedes      00:27,358

5.       Fernando Alonso (Spanyol)        Ferrari          00:29,592

6.       Nico Huelkenberg (Jerman)        Sauber – Ferrari      00:30,400

7.       Sergio Perez (Meksiko)     McLaren       00:46,692

8.       Valtteri Bottas (Finlandia) Williams – Renault 00:54,509

9.       Nico Rosberg (Jerman)     Mercedes      00:59,141

10.     Jenson Button (Inggris)     McLaren       01:17,278

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya