SOLOPOS.COM - Sebastian Vettel, Mark Webber dan Fernando Alonso merayakan kemenangan. (JIBI/Reuters/Nacho Doce)

Solopos.com, SAO PAULO — Sebastian Vettel meraih kemenangan kesembilannya secara beruntun sekaligus menutup musim balap 2013 dengan kemenangan. Dia menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis di GP Brazil.

Dalam balapan yang digelar di Autodromo Jose Carlos Pace, Sao Paulo, Senin (25/11/2013) dinihari WIB, Vettel menyentuh garis finis di posisi terdepan dengan catatan waktu satu jam, 32 menit dan 36,300 detik. Ini menjadi kemenangan ke-13 Vettel dari total 19 balapan di sepanjang musim ini, di mana sembilan di antaranya didapat secara beruntun.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Dilansir detiksport, finis kedua pada balapan ini adalah rekan setim Vettel, Mark Webber. Berada di podium kedua jadi perpisahan terbaik yang bisa dilakukan pebalap asal Australia itu. Untuk musim depan dia akan bergabung dengan Porsche untuk ajang LMP1 Sportscars.

Melengkapi penghuni podium pada balapan ini adalah Fernando Alonso. Driver Ferrari itu tertinggal 18 detik dari catatan waktu yang dibuat Vettel.

Meski kembali menang, Vettel sempat dapat perlawanan dari pebalap lain di awal lomba. Dia malah langsung kehilangan posisi terdepan setelah disalip Nico Rosberg dan Alonso yang menjalani start dengan lebih baik.

Rosberg lantas memimpin balapan setelah Alonso melebar dan merosot ke posisi empat karena disusul Lewis Hamilton. Namun komposisi itu tak bertahan lama lantara duo Mercedes itu lantas kehilangan posisinya: Vettel menyusul Rosberg dan Alonso merebut posisi tiga dari tangan Hamilton.

Webber, yang sempat terlibat pertarungan sengit dengan Felipe Massa, mampu menyalip Hamilton dan merebut posisi tiga. Webber kembali naik ke tangga kedua setelah pada lap 13 dia sukses mendahului Alonso. Webber sempat kehilangan posisi dua karena bermasalah dengan bannya, namun saat kembali ke lintasan dia cuma butuh waktu singkat untuk kembali mengalahkan Alonso dalam perebutan posisi dua.

Duel Vettel dengan Webber sempat memanas setelah keduanya masuk pit berurutan. Tim Red Bull terlihat terkejut dengan masuknya Vettel ke pit karena mereka sepertinya hanya mempersiapkan pergantian untuk Webber.

Kejadian tersebut membuat keunggulan Vettel hanya tersisa enam detik saja atas rekannya itu. Prediksi akan terjadi persaingan sengit juga didukung oleh langit yang mulai digelayuti awan mendung. (JIBI/Solopos)

Hasil GP Brasil
1. Vettel Red Bull-Renault 1h32:36.300
2. Webber Red Bull-Renault + 10.452
3. Alonso Ferrari + 18.9
4. Button McLaren-Mercedes + 37.3
5. Rosberg Mercedes + 39.0
6. Perez McLaren-Mercedes + 44.0
7. Massa Ferrari + 49.1
8. Hulkenberg Sauber-Ferrari + 1:04.2
9. Hamilton Mercedes + 1:12.9
10. Ricciardo Toro Rosso-Ferrari + 1 lap
11. Di Resta Force India-Mercedes + 1 lap
12. Gutierrez Sauber-Ferrari + 1 lap
13. Sutil Force India-Mercedes + 1 lap
14. Kovalainen Lotus-Renault + 1 lap
15. Vergne Toro Rosso-Ferrari + 1 lap
16. Maldonado Williams-Renault + 1 lap
17. Bianchi Marussia-Cosworth + 2 laps
18. van der Garde Caterham-Renault + 2 laps
19. Chilton Marussia-Cosworth + 2 laps

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya