SOLOPOS.COM - Pebalap Red Buill, Sebastian Vettel (tengah) merayakan kemenangan dengan srekan setimnya, Mark Webber (kanan), seusai memenangi GP F1 Korea, Minggu (14/10/2012). (Reuters)

Pebalap Red Buill, Sebastian Vettel (tengah) merayakan kemenangan dengan srekan setimnya, Mark Webber (kanan), seusai memenangi GP F1 Korea, Minggu (14/10/2012). (Reuters)

YEONGAM –  Red Bull finis sempurna di urutan satu dan dua pada GP F1 Korea, Minggu (14/10/2012). Sedangkan podium ketiga ditempati pebalap Ferrari, Fernando Alonso.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Yeongam, Vettel start  mulus dari urutan dua. Setelah duel dengan rekan setimnya Mark Webber, Vettel unggul di tikungan pertama.

Vettel pun mengambil-alih pimpinan lomba. Sementara Webber turun ke posisi dua.

Jenson Button, yang start dari urutan ke-11, tidak bertahan lama di atas lintasan. Bagian depan mobilnya tersenggol oleh mobil Kamui Kobayashi. Pebalap McLaren itu pun keluar dari balapan.

Di depan, Vettel masih memimpin balapan dengan diikuti oleh Webber, Fernando Alonso, Lewis Hamilton, Felipe Massa, Kimi Raikkonen, Nico Hulkenberg, dan Romain Grosjean.

Sementara Kobayashi yang berbenturan dengan Button akhirnya masuk pit. Di sisi lintasan lainnya, Nico Rosberg keluar dari balapan. Yellow flag dikibarkan sementara para petugas berusaha memindahkan mobil Rosberg.

Sampai lap ketiga, Vettel masih terus mengungguli Webber. Sementara, di belakang Webber, Alonso berusaha menjauh dari kejaran Haimlton. Satu lap berselang, Hamilton sempat nyaris disalip oleh Raikkonen. Namun, ia berhasil mempertahankan posisinya.

Duel dua pebalap Red Bull masih berlangsung di depan sampai lap keenam. Keduanya meninggalkan jauh pebalap lain. Alonso, yang berada di posisi ketiga, tertinggal sekitar dua detik di belakang Webber.

Sepuluh lap balapan berjalan, Webber mulai merapat ke Vettel. Jarak keduanya kini adalah 1,9 detik setelah pebalap asal Australia itu menorehkan fastest lap.

Pada saat itu, Hamilton mulai diminta untuk masuk ke dalam pit. Tapi, dia juga belum bisa menjauh dari Massa dan Raikkonen.

Webber kemudian masuk pit lebih dulu, dan masuk lintasan pada urutan ketiga. Kesempatan itu kemudian dimanfaatkan Vettel untuk melebarkan jarak dari Alonso dan Webber. Pada lap ke-17, ia unggul sekitar lima detik atas pebalap di belakangnya.

Pada lap ke-22, jarak itu kemudian bertambah menjadi 7,4 detik dan kemudian bertambah lagi menjadi 8,8 detik pada lap ke-25. Pada saat ini, Webber berada di posisi kedua.

Webber kemudian masuk pit untuk kedua kalinya pada lap ke-32. Sementara Vettel masih terus memacu mobilnya di lintasan. Kini giliran Alonso dan Massa di posisi kedua dan ketiga. Namun, Vettel unggul sekitar 10 detik atas Alonso.

Alonso akhirnya masuk pit di lap ke-33 dan posisinya diambil oleh Massa. Vettel masuk pit untuk mengganti bannya di lap ke-35 dan saat kembali ke lintasan, ia masih menempati posisi pertama.

Dengan ban baru, Vettel kemudian tampak nyaman memimpin balapan. Ia sempat unggul hingga sembilan detik atas Webber, yang perlahan-lahan mulai memangkas jarak. Sampai akhir balapan, Vettel akhirnya berhasil mempertahankan keunggulan itu, meski hanya unggul 0,08 detik atas Webber.

Hasil Balapan GP Korea
1. Sebastian Vettel RedBull – Renault 1:36:28.651
2. Mark Webber RedBull – Renault +00:08.231
3. Fernando Alonso Ferrari 00:13.944
4. Felipe Massa Ferrari 00:20.168
5. Kimi Raikkonen Lotus – Renault 00:36.739

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya