SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BARCELONA— Pastor Maldonado melengkapi rentetan kejutan ajang Formula One (F1) musim ini. Pembalap Williams menaiki podium utama untuk kali pertama sekaligus menghentikan paceklik kemenangan timnya sejak musim 2004, saat turun di Grand Prix (GP) Spanyol di Circuit de Catalunya, Barcelona, Minggu (13/5/2012).

Kemenangan pembalap Venezuela itu kian sempurna. Maldonado memecundangi pembalap yang menjadi pahlawan publik tuan rumah, Fernando Alonso dari Ferrari.

Williams dan Ferrari saling menempel hingga lap terakhir. Tapi, Maldonado bisa meloloskan diri untuk mengamankan kemenangan pertamanya, dengan meninggalkan Alonso yang berusaha menangkis aksi Kimi Raikkonen dari Lotus. Alonso pun harus puas finis di urutan kedua di seri balapan di Negeri Matador tersebut.

Pertarungan di sirkuit yang berjarak 4,655 km tersebut pada awalnya menjadi milik Alonso. Pembalap Ferrari langsung memimpin dan menyalip Maldonado yang start terdepan sejak tikungan pertama. Dia kemudian mampu unggul tiga detik paling depan. Tapi kedua pembalap yang saling bertarung itu sempat terjebak di belakang pembalap Marussia, Charles Pic yang masih tercecer di lap belakang.

Williams akhirnya menyalip Ferrari yang masuk di pitstop kedua dan sinyal kemenangan bagi Maldonado pun mulai terasa di Circuit de Catalunya. Alonso kembali menempel Maldonado dan memangkas gap waktu 4,2 detik.  Tak berapa lama kemudian, Williams justru diterpa sedikit hambatan saat masuk ke pitstop terakhir.

Maldonado seolah akan menyerah  dari tekanan Alonso. Namun begitu mobil yang dikendarai rivalnya mulai kehilangan kecepatan dalam lap terakhir, Maldonado kembali tancap gas dan menyetuh garis finis dengan keunggulan 3,1 detik di depan mantan juara dunia tersebut.

”Tadi sangat dekat. Kami saling mengatur keausan ban jadi saya tidak bisa memberi tekanan terlalu keras, hanya bertahan untuk menjaga ban tetap aman sampai akhir dan Fernando sangat dekat,” beber Maldonado, seperti dilansir Autosport.

“Ada beberapa momentum di mana kami saling menempel, khususnya di akhir trek lurus, tapi saya berhasil mengatur selisih waktu dan mampu mengendalikan segalanya,” sambung dia.

Sementara itu, juara dunia Sebastian Vettel hanya puas finis di urutan keenam. Lewis Hamilton yang didiskualisikasi dari pole position ke urutan paling belakang sebelum lomba dimulai, bisa menuntaskan GP Spanyol di peringkat ke-8.

Kemenangan Maldonado seolah mengukuhkan panasnya persaingan F1 musim ini. Selama lima seri 2012 di ajang balapan yang menjadi ladang bisnis itu, selalu menghasilkan pemenang yang berbeda di setiap serinya. Hanifah Kusumastuti/ JIBI/SOLOPOS

Hasil GP Spanyol, Minggu (13/5/2012):
No       Pembalap         Tim      Waktu/Gap

1          Maldonado       Williams-Renault           1 Jam 39menit 9,145 detik

2          Alonso Ferrari  +     3,195 detik

3          Raikkonen        Lotus-Renault   +3,884 detik

4          Grosjean          Lotus-Renault   +14,799 detik

5          Kobayashi        Sauber-Ferrari  +1menit 14,641 detik

6          Vettel   Red Bull-Renault          +1menit 17,576 detik

7          Rosberg           Mercedes         +1menit 27,919 detik

8          Hamilton           McLaren-Mercedes     +1menit 28,100detik

9          Button  McLaren-Mercedes     +1menit 25,200 detik

10        Hulkenberg       Force India-Mercedes  +1 lap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya