SOLOPOS.COM - Pembalap Mercedes Formula One Lewis Hamilton (kanan) mengangkat tofi juara di sebelah rekan setimnya Nico Rosberg yang menempati posisi kedua pada GP F1 Tiongkok 2015. JIBI/Reuters/Aly Song

GP F1 Tiongkok 2015 berakhir dengan kemenangan Lewis Hamilton. Ini adalah kemenangan keduanya pada balapan musim ini.

Solopos.com, SHANGHAI — Lewis Hamilton tampil jadi juara di GP F1 Tiongkok 2015, dengan Mercedes sekaligus mencatatkan finis satu-dua berkat keberadaan Nico Rosberg di posisi dua. Sementara podium terakhir ditempati oleh pembalap Ferrari Sebastian Vettel.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Dalam balapan sebanyak 56 putaran di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (12/4/2015) siang WIB, Hamilton berhasil menjaga posisinya sedari awal balapan. Pun demikian dengan Rosberg meskipun Vettel beberapa kali sempat mendekat.

Untuk Hamilton ini merupakan kemenangan keduanya setelah balapan pembuka musim di Australia lalu–yang menghadirkan susunan tiga pembalap teratas persis serupa seperti balapan kali ini.

Kemenangan di GP Tiongkok tersebut juga menjadi yang keempat buat Hamilton setelah sebelumnya juga berjaya pada 2008, 2011, dan 2014. Ia merupakan pembalap dengan kemenangan terbanyak di sirkuit ini–Fernando Alonso jadi pesaing terdekat di Tiongkok dengan dua kemenangan.

Sementara itu Kimi Raikkonen dari Ferrari kembali harus puas menyudahi balapan di posisi empat, sebagaimana yang terjadi pada balapan sebelum ini di Sepang, Malaysia.

Seperti dilansir detiksport, selepas start Lewis Hamilton dan Nico Rosberg berhasil menjaga dua posisi terdepan, dengan Sebastian Vettel membayangi. Yang menarik, Kimi Raikkonen langsung mengancam dua pembalap Williams, Valtteri Bottas dan Felipe Massa, yang start di depannya.

Beberapa tikungan kemudian Raikkonen bahkan berhasil merangsek ke posisi empat. Pada prosesnya akhir putaran pertama pun memunculkan dua pembalap Mercedes, dua pembalap Ferrari, dan dua pembalap Williams di posisi satu sampai dengan enam secara berurutan.

Memasuki sepuluh putaran terakhir, Hamilton masih memimpin balapan dengan keunggulan sekitar 4,6 detik dari Rosberg di posisi dua. Vettel dan Raikkonen terus coba membuntuti meskipun mereka cukup berjarak dari kedua pembalap Mercedes tersebut.

 

  • Hasil GP F1 Tiongkok 2015

 

1. Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes 56 laps 1hr 39m 42.008s

2. Nico Rosberg Mercedes-Mercedes +0.7s

3. Sebastian Vettel Ferrari-Ferrari +2.9s

4. Kimi Raikkonen Ferrari-Ferrari +3.8s

5. Felipe Massa Williams-Mercedes +8.5s

6. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +9.8s

7. Romain Grosjean Lotus-Mercedes +19.0s

8. Felipe Nasr Sauber-Ferrari +22.6s

9. Daniel Ricciardo Red Bull-Renault +32.1s

10. Marcus Ericsson Sauber-Ferrari +1 lap

 

11. Sergio Perez Force India-Mercedes +1 lap

12. Fernando Alonso McLaren-Honda +1 lap



13. Jenson Button McLaren-Honda +1 lap

14. Carlos Sainz Jr Toro Rosso-Renault +1 lap

15. Will Stevens Manor-Ferrari +2 laps

16. Roberto Merhi Manor-Ferrari +2 laps

Tidak Finis

– Max Verstappen Toro Rosso-Renault 53 laps completed

– Pastor Maldonado Lotus-Mercedes 50 laps completed

– Daniil Kvyat Red Bull-Renault 16 laps completed

– Nico Huelkenberg Force India-Mercedes 9 laps completed

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya