SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GP Formula One sebentar lagi akan dimulai. Namun pembalap Force India, Nico Hulkenberg, masih kesulitan mengendalikan mobil barunya.
 
Solopos.com, SILVERSTONE — Pembalap Force India, Nico Hulkenberg, menilai mobil terbarunya lebih sulit dikendalikan ketimbang mesin yang digunakan di pramusim 2014 lalu.

Regulasi anyar balapan F1 musim ini mengatur pengurangan downforce pada musim 2014, terutama di bagian belakang mobil karena hilangnya hembusan knalpot. Dengan aturan itu, Force India mengenalkan paket mesin turbocharged V6 1,6 liter yang mampu menghasilkan kekuatan lebih dari mesin lama V8s 2,4 liter.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Hulkenberg merasa mobil anyar yang dia jajal di test pramusim kali ini memiliki lebih banyak margin eror. “Ini akan lebih menantang dan lebih sulit karena Anda tidak bisa mendorong lebih keras lagi,” kata dia saat ditanyai kesulitan beradaptasi dengan mobil anyar Force India, seperti dilansir Autosport, Minggu (4/1/2015).

“Dengan downforce [pada musim 2013], Anda bisa mendorong kecepatan dengan lebih mudah. Marjin eror juga cukup aman, sehingga saat berlebihan saat mendorong mobil Anda akan tetap aman,” imbuh pembalap berpaspor Jerman itu.

Dengan mobil anyar, Hulkenberg menilai bakal lebih sulit berpacu dalam kecepatan tinggi di lintasan balap. Sebab, dia akan langsung tergelincir jika terjadi kesalahan kecil. “Sekarang, saat Anda memacu mobil terlalu kencang akan lebih mudah kehilangan seluruh lap. Meskipun, itu mungkin terjadi karena mobil kami terlalu runcing,” ulas dia.

Meski mengkritik beberapa unit kekuatan baru, Hulkenberg percaya hanya ada sedikit masalah di mobil baru mereka. Mesin mobil lebih baik dibandingkan dengan mesin lama Force India yang membuat mereka terbenam musim lalu.

“Mesin mobil cukup bagus dan bisa dikemudikan dengan baik seperti menakjubkannya mesin Mercedes. Mobil baru memiliki kekuatan tinggi, satu-satunya hal yang perlu diperbaiki adalah bagaimana memanfaatkan kekuatan di lintasan dengan kehilangan downforce,” terang pembalap berusia 27 tahun itu.

“Yang saya keluhkan adalah kebisingan dan suara mobil, tapi secara umum mesin mobil memiliki kekuatan lebih tinggi dibandingkan dengan yang harus kami gunakan,” sambung dia. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Pembalap Force India, Nico Hulkenberg, sedang berada di ruang kemudi mobil balapnya. Ist/f1times.co.

Pembalap Force India, Nico Hulkenberg, sedang berada di ruang kemudi mobil balapnya. Ist/f1times.co.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya