SOLOPOS.COM - Duo pembalap Mercedes Formula One Lewis Hamilton (Ka) bersama rekannya Nico Rosberg merayakan kemenangan dalam balapan Japanese F1 Grand Prix di sirkuit Suzuka yang basah. Hamilton keluar sebagai juara. JIBI/Reuters/Toru Hanai

Solopos.com, SUZUKA — Driver Mercedes, Lewis Hamilton, akhirnya berhasil memenangi GP Formula One Jepang. Dia menjadi pembalap terdepan saat balapan di Suzuka dihentikan pada lap 46 karena kondisi cuaca yang tak mendukung dan insiden kecelakaan.

Dalam balapan di Suzuka, Minggu (5/10/2014), Hamilton menjadi pembalap tercepat dalam 46 lap dengan catatan satu jam 51 menit 43,021 detik.. Dia disusul oleh rekan setimnya, Nico Rosberg yang finish di posisi dua yang menorehkan waktu 9,1 detik lebih lambat.

Promosi Meniti Jalan Terakhir menuju Paris

Di posisi tiga adalah driver tim Red Bull, Sebastian Vettel dengan jarak 29 detik dari Hamilton. Berturut-turut melengkapi posisi 10 besar adala Daniel Ricciardo, Jenson Button, Valtteri Bottas, Felipe Massa, Nico Hulkenberg, Jean Eric Vergne, dan juga Sergio Perez.

Satu kecelakaan juga turut mewarnai seri GP Jepang. Adrian Suttil dan Jules Bianchi terlibat kecelakaan di lap ke-44. Ambulans masuk ke lintasan, dan Bianchi pun sampai harus diberi perawatan ke rumah sakit terdekat.

Balapan lantas diputuskan dihentikan di lap 46, Hamilton keluar menjadi juaranya.

Dengan kemenangan ini, Hamilton kian kokoh di posisi pertama klasemen pebalap dengan raihan 266 poin. Dia unggul 10 poin dari saingan terdekatnya, yakni Rosberg.

Balapan di Suzuka yang baru berjalan dua lap, seperti dilansir detiksport, bendera merah sudah berkibar. Hujan lebat yang mengguyur lintasan menjadi sebabnya. Saat itu duo Mercedes, Rosberg dan Hamilton yang memulai balapan dari dua grid terdepan, masi bisa mempertahankan posisi start.

Setelah sekitar 15 menit dihentikan, balapan kembali dilanjutkan. Satu kesialan didapat driver Ferrari, Fernando Alonso. Dia gagal melanjutkan balapan setelah mobil F14T tunggangannya berheti di tikungan 5.

Balapan GP Jepang ini seakan menjadi panggung bagi Rosberg dan Hamilton. Keduanya jauh memimpin di dua posisi terdepan. Di lap 29, Hamilton yang selalu diasapi oleh Rosberg, akhirnya bisa mmenyalip rekan setimnya itu. Dia pun akhirnya menjadi pimpinan balapan.

Setelah berhasil menyalip Rosberg, Hamilton lantas mampu menjauh dari kejaran Rosberg. Di lap 31, driver asal Inggris itu sudah mencetak gap 4,8 detik.

Pertarungan seru lainnya dilakoni oleh Vettel dan Button untuk memperebutkan posisi empat-lima. Vettel ada di depan Button dengan selisih 3,7 detik saat lap 32.

Ricciardo menjadi pimpinan balapan di lap 36. Duo Mercedes melakukan pit, driver asal Australia itu menempati posisi pertama dengan gap sekitar dua detik. Posisi Ricciardo itu tak bertahan lama. Dia masuk pit di lap berikutnya, hingga Hamilton kembali menjadi pebalap terdepan. Saat balik ke lintasan, Ricciardo ada di posisi lima.

Di lap 46, balapan kembali dihentikan. Bendera merah kembali dikibarkan akibat kecelakaan yang menimpa Suttil dua lap sebelumnya. Kecelakaan itu melibatkan pembalap Marussia, Jules Bianchi. Akibat kecelakaan itu, Bianchi dikabarkan harus dibawa ke rumah sakit terdekat. Dia dievakuasi menggunakan helikopter.

Balapan di Suzuka akhirnya diputuskan untuk dihentikan di lap 46. Hamilton keluar sebagai pemenangnya, disusul oleh rekan setimnya, Rosberg yang ada di posisi dua.

Hasil Balapan GP Jepang

No-Pembalap-Tim-Waktu

1. Lewis Hamilton Mercedes 1:51:43.021
2. Nico Rosberg Mercedes +00:09.180
3. Sebastian Vettel RedBull +00:29.122
4. Daniel Ricciardo RedBull +00:38.818
5. Jenson Button McLaren +01:07.550
6. Valtteri Bottas Williams +01:53.773
7. Felipe Massa Williams 01:55.126
8. Nico Huelkenberg Force India +01:55.948
9. Jean-Eric Vergne Toro Rosso +02:07.638
10. Sergio Perez Force India +1 lap
11. Daniil Kvyat Toro Rosso +1 lap
12. Kimi Raikkonen Ferrari +1 lap
13. Esteban Gutierrez Sauber +1 lap
14. Kevin Magnussen McLaren +1 lap
15. Romain Grosjean Lotus +1 lap
16. Pastor Maldonado Lotus +1 lap
17. Marcus Ericsson Caterham +1 lap
18. Max Chilton Marussia +1 lap
19. Kamui Kobayashi Caterham +1 lap

Tidak Finis
– Jules Bianchi Marussia
– Adrian Sutil Sauber
– Fernando Alonso Ferrari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya