SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOCHI — Lewis Hamilton merebut pole position perdananya dalam Grand Prix (GP) Rusia setelah pembalap Williams Valtteri Bottas tergelincir di tikungan akhir babak kualifikasi, Sabtu (11/10/2014).

Bottas sebenarnya sempat tampil sebagai pembalap tercepat di lap terakhir tapi dia terlalu melebar saat melintasi tikungan akhir, sehingga tergelincir di urutan ketiga.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Pada saat bersamaan, duo Mercedes Hamilton dan Nico Rosberg berada dalam posisi paling menguntungkan untuk merebut pole position.

“Tentu, pole adalah posisi hebat untuk memulai balapan. Pekerjaan luar biasa telah dirampungkan tim ini. Ini adalah tempat yang sangat indah, cuacanya juga menakjubkan. Untuk beberapa alasan, menciptakan lap yang bagus sangatlah sulit,” ujar Hamilton, seperti dilansir telegraph.co.uk, Sabtu.

Penampilan Hamilton telah bersinar sejak mengikuti latihan bebas pertama di Sirkuit Sochi, Rusia, Jumat (10/10) pagi waktu setempat. Namun, dia tetap tak dapat menghindari beberapa kesalahan. Seperti yang terjadi di GP Jepang, pekan lalu, dia sempat keluar lintasan dan menabrak dinding Sochi Autodrom.

Di tengah pertarungan babak kualifikasi, sebagian konsentrasi para pembalap memang tertuuju pada kondisi Jules Bianchi yang masih terbaring di Yokkaichi Jepang. Pembalap Marussia itu mengalami cedera parah di bagian kepala setelah kecelakaan di GP Jepang, pekan lalu. Pesan bertuliskan ‘Jules we are supporting you [Jules kami mendukungmu]” terpasang di garis utama lintasan melalui gambar televisi.

Sepekan setelah kecelakaan hebat itu terjadi, para pembalap tampak masih dibayangi trauma. Rekan satu tim Bianchi di Marussia, Max Chilton, telah berjuang semaksimal mungkin dalam perebutan pole position di GP Rusia. Namun, dia harus puas hanya menduduki urutan ke-21.

“Ini adalah pekan yang sangat sulit untuk kami. Balapan ini tidak mudah, jadi dalam situasi seperti ini, kami tetap mampu melakukan yang terbaik. Dengan seluruh tim di sekitar saya, kami bisa mencoba melakukan yang terbaik untuk Jules [Bianchi],” kata dia.

Secara mengejutkan, pembalap Williams, Felipe Massa, mundur pada kualifikasi pertama karena diterpa masalah mesin mobil. Kejadian lebih mengejutkan terjadi di kualifikasi kedua saat pembalap Red Bull, Sebastian Vettel, hanya mampu meraih posisi ke-11. Sementara, rekan satu timnya, Daniel Ricciardo, mampu merebut ututan ketujuh.

“Saya hanya tidak memiliki grip bagian belakang seperti yang kami inginkan. Saya sangat tidak gembira karena kami tidak bisa melakukan yang terbaik dengan mobil ini,” tutur Vettel. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Lewis Hamilton merebut pole positions di Grand Prix F1 Rusia. Ist/Dokumentasi

Lewis Hamilton merebut pole positions di Grand Prix F1 Rusia. Ist/Dokumentasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya