SOLOPOS.COM - Gregoria Mariska Tunjung (Istimewa/Tim Humas dan Media PP PBSI)

Solopos.com, JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, menyebut pentingnya kekuatan pola pikir sebagai salah satu untuk dipersiapkan beriringan dengan kondisi fisik yang prima menjelang BWF World Tour Finals (WTF) di Hangzhou, China, Desember 2023.

Gregoria menilai kedua hal tersebut menjadi penting mengingat format kompetisi BWF World Tour Finals berbeda dari turnamen-turnamen lainnya.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Jika turnamen BWF pada umumnya langsung memakai sistem gugur sejak putaran pertama, BWF World Tour Finals akan diawali babak penyisihan grup menggunakan sistem round robin.

“Tahun lalu saya sudah pernah main juga (di World Tour Finals) dan satu grup sama An Se Young (Korea Selatan), Akane Yamaguchi (Jepang), dan Chen Yu Fei (China). Jadi buat saya, walaupun game pertama menang, saya tetap harus fokus ke game selanjutnya karena itu juga memengaruhi posisi kita di grup,” kata Gregoria dikutip dari Antara, Senin (27/11/2023).

“Dan kalau kalah juga tidak boleh langsung down karena besok juga harus langsung main lagi. Pastinya ini pengalaman yang bagus juga untuk saya, apalagi di Olimpiade (sistemnya) juga sama. Saya mau coba sebaik mungkin untuk mencapai posisi yang baik di grup,” ujar Gregoria.

Mengenai pola pikir, Gregoria menilai setiap atlet yang berkompetisi di ajang tersebut juga pasti memiliki caranya sendiri agar terus fokus, terlepas menang maupun kalah.

“Kalau pun kalah, sebaik mungkin tidak dipikirkan (terlalu lama) karena besoknya masih main lagi. Mau tidak mau harus mencari jalan keluarnya untuk bisa enjoy di setiap match,” kata Gregoria.

“Saat ini masih belum ada draw. Tapi saya ingin tampil dan mencari posisi yang baik di grup supaya bisa melaju ke semifinal,” ucap dia.

Gregoria mengatakan sudah mulai berlatih sekaligus fokus dengan pemulihan kondisi telapak kakinya yang sempat cedera dan memengaruhi penampilannya di China Masters 2023 beberapa waktu lalu.

“Sabtu (25/11/2023) kemarin sudah mulai latihan untuk mengembalikan kondisi fisik. Persiapan ini akan saya manfaatkan sebaik mungkin,” kata atlet asal Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya