SOLOPOS.COM - Kapten Liverpool Steven Gerrard lesu seusai tersingkir oleh FC Basel. JIBI/Rtr/Phil Noble

Solopos.com, LIVERPOOL — Liverpool tersingkir dari ajang Liga Champions setelah gagal melaju dari fase grup karhena anya bermain imbang 1-1 kontra Basel di Anfield. Fabian Frey membuat ‘Si Merah’ tertinggal, sebelum kemudian disamakan oleh Steven Gerrard.

Dalam laga di Anfield, Rabu (10/12/2014) dini hari WIB, Liverpool tertinggal sejak menit ke-25 setelah Frey menjebol gawang Simon Mignolet lewat tendangan mendatar dari luar kotak penalti. Tertinggal, anak asuh Brendan Rodgers berusaha kian menekan dan mendominasi permainan.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Statistik menunjukkan secara keseluruhan tuan rumah unggul penguasaan bola 58% berbanding 42%. Total lima tembakan tepat sasaran dicatatkan sementara sang lawan punya empat upaya tepat sasaran. Meski lebih dominan, sejumlah upaya yang dilancarkan anak-anak Merseyside selalu kandas.

Upaya untuk mencetak gol penyama justru kian berat setelah Lazar Markovic dikartu merah di menit ke-61. Namun demikian, tendangan bebas Gerrard di menit ke-82 berhasil membuat skor seimbang.

Di sisa waktu, Liverpool berupaya mencetak gol tambahan dan tak membuahkan hasil. Wakil Inggris ini pun harus puas dengan hasil imbang, yang sekaligus menandai akhir perjalanan di Liga Champions musim ini. Selanjutnya, Anfield Gank akan melanjutkan kampanye di Liga Europa.

Tambahan satu poin tak mengubah posisi Liverpool di Grup B. Mereka finis di urutan tiga mengoleksi nilai lima, tertinggal dua poin dari Basel yang lolos sebagai runner up. Di laga lain, kemenangan telak 4-0 atas Ludogorets Razgrad mengukuhkan Real Madrid sebagai juara grup.

Seperti dilansir detiksport, menit ke-25 gawang Liverpool bergetar. Fabian Frei melakukan umpan satu dua dengan Luca Zuffi di depan kotak penalti, mengakhiri skema tersebut dengan sepakan mendatar kaki kiri yang mengarah ke pojok kanan bawah.

Liverpool memulai babak kedua dengan dua pemain baru. Lazar Markovic masuk menggantikan Rickie Lambert, sementara Alberto Moreno menggantikan Jose Enrique.

Tapi usaha Liverpool untuk memetik angka penuh makin berat setelah harus bermain dengan 10 orang di menit ke-60, menyusul kartu merah yang diterima Markovic. Markovic yang sedang menggiring bola di area tengah lapangan ‘mengibaskan’ tangan ke arah muka Safari yang membayanginya. Safari tergeletak, wasit mengeluarkan kartu merah.

Meski kalah jumlah pemain, Liverpool justru berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-82 lewat tendangan bebas Gerrard. Sepakannya melesak ke pojok kiri atas gawang Vaclik. Setalh itu tak ada gol lain tercipta, laga usai. (JIBI/SOLOPOS)
HASIL LAIN LAGA LIGA CHAMPIONS:
• Rabu, 10 Dec 2014
– Benfica 0 – 0 Bayer Leverkusen
– Real Madrid 4 – 0 Ludogorets
– Olympiacos 4 – 2 Malmo FF
– Galatasaray 1 – 4 Arsenal
– Juventus 0 – 0 Atlético Madrid
– Borussia Dortmund 1 – 1 Anderlecht
– Monaco 2 – 0 Zenit

Susunan pemain:
Liverpool:
Mignolet, Johnson, Enrique (Moreno 46′), Lovren, Škrtel, Gerrard, Henderson, Lucas (Coutinho 74′), Allen, Sterling, Lambert (Markovic 46′)

Basel: Vaclk, Schr, Such?, Safari, Zuffi (Samuel 88′), Frei, Elneny (Diaz 83′), Xhaka, Streller (Embolo 74′), Gashi, Gonzalez

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya