SOLOPOS.COM - Pemain Spanyol Alcacer (Ka) berselbrasi dengan Costa seusai bikin gol ke Slovakia. JIBI/Rtr/David W

Solopos.com, ZILINA — Timnas Slovakia bikin kejutan dengan menaklukkan raksasa Spanyol pada lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016. La Furia Roja dipaksa menelan kekalahan dengan skor 1-2 oleh tuan rumah Slovakia.

Bertandang ke Stadion Pod Dubnom, Zilina, Jumat (10/10/2014) dinihari WIB, Spanyol sebenarnya tampil sangat dominan dengan penguasaan bola 65 persen. Mereka juga menciptakan 12 usaha mencetak gol dan delapan di antaranya mengarah ke gawang.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Sebaliknya Slovakia, cuma punya enam tembakan dan empat di antaranya tepat sasaran. Tapi, dominasi Spanyol tak berarti banyak karena mereka pulang sebagai tim yang kalah.

Slovakia menang berkat gol-gol Juraj Kucka dan Miroslav Stoch. Spanyol cuma membalas sekali lewat tembakan Paco Alcacer.

Dengan hasil ini, Slovakia memuncaki klasemen sementara Grup C dengan enam poin dari dua laga. Spanyol di posisi kedua dengan tiga poin.

Seperti dilansir detiksport, meski Spanyol mendominasi penguasaan bola, Slovakia lebih banyak menebar ancaman. Pada menit ke-11, Robert Mak menyambar sebuah umpan silang dari sisi kanan, tapi usahanya digagalkan Iker Casillas.

Slovakia sukses menjebol gawang Spanyol enam menit kemudian. Dari situasi tendangan bebas, Kucka melepaskan tembakan keras yang gagal diantisipasi Casillas. Casillas tak mampu menghentikan laju bola yang mengarah kepadanya.

Spanyol nyaris menyamakan skor pada menit ke-45. Berawal dari tendangan sudut Cesc Fabregas, Diego Costa menanduk si kulit bundar. Namun, kiper Matus Kozacik mampu mementahkan upaya Costa. Bola rebound disambar Sergio Busquets, tapi lagi-lagi Kozacik menggagalkannya.

Untuk menambah daya gedor, Spanyol menarik keluar Raul Albiol dan memasukkan Pedro Rodriguez. Namun, setelah Pedro masuk, mereka masih kesulitan mencetak gol.

Costa tak mampu memaksimalkan peluang emas yang diperolehnya pada menit ke-79. Dia tinggal berhadapan dengan Kozacik, tapi Kozacik dengan cerdik segera menutup ruang tembak Costa sehingga gawang Slovakia tetap aman.

Spanyol akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-82. Alcacer lolos dari jebakan offside ketika menerima umpan silang Jordi Alba dan dengan tenang menaklukkan Kozacik. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Tapi, setelah menyamakan kedudukan, Spanyol malah lengah. Mereka pun kebobolan lagi tiga menit jelang berakhirnya waktu normal. Dalam sebuah serangan balik Slovakia, Stoch menanduk umpan silang Michal Duris dari sisi kanan. Casillas tak bisa berbuat banyak untuk menyelamatkan gawangnya.

Di sisa waktu, Spanyol tak mampu mencetak gol penyama. Mereka pulang dengan kekalahan 1-2. (JIBI/SOLOPOS)

Susunan Pemain
Slovakia: Kozacik; Pekarik, Skrtel, Durica, Gyomber; Hubocan, Weiss (Duris 54′), Mak (Stoch 62′), Kucka (Kiss 83′), Hamsik; Pekovski

Spanyol: Casillas; Juanfran (Cazorla 81′), Pique, Albiol (Pedro 58′), Alba; Busquets, Koke, Cesc; Iniesta, David Silva (Paco Alcacer 71′), Diego Costa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya