SOLOPOS.COM - Pemain Inggris Welbeck (Ki) beselebrasi dengan Chamberlain saat melawan San Marino. JIBI/Rtr/Eddie Keogh

Solopos.com, LONDON — Seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya, laga Inggris vs San Marino berlangsung tak seimbang. Sang tuan rumah tampil mendominasi pertandingan dan pada akhirnya melumat sang tamu dengan skor 5-0

Dengan kemenangan itu Inggris kokoh berada di puncak klasemen Grup E kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan koleksi nilai 6. Sementara, San Marino berada di urutan keenam –alias juru kunci– dengan nilai 0.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Wembley, Jumat (10/10/2014) dinihari WIB, Inggris seperti dilansir detiksport tampil dengan sejumlah pemain utama.

Namun berbeda laga melawan Swiss, di mana Phil Jagielka dan Gary Cahill diapit oleh John Stones dan Leighton Baines, kali ini Jagielka dan Cahill diapit oleh Calum Chambers dan Kieran Gibbs yang bermain sebagai fullback.

Di lini depan Raheem Sterling, Wayne Rooney, dan Danny Welbeck –yang mencetak dua gol pada laga melawan Swiss– dimainkan sejak awal. Rooney dan Welbeck ikut menyumbang gol pada laga ini.

Kemenangan Inggris diawali oleh gol dari Jagielka pada menit ke-24. Gol bermula dari sepak pojok dari sisi kanan pertahanan San Marino yang dieksekusi oleh James Milner. Kiper San Marino, Aldo Simoncini, kemudian meninggalkan gawangnya untuk menghalau bola, namun gagal. Bola malah disambut dengan sundulan oleh Jagielka untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Tiga menit menjelang babak pertama berakhir, Welbeck mendapatkan peluang bagus. Penyerang Arsenal tersebut melepaskan sebuah sepakan melambung melewati Simoncini. Namun, Simoncini bereaksi dengan bagus, dia bergerak mundur lalu kemudian melompat untuk menghalaunya.

Semenit berselang, Inggris mendapatkan penalti setelah Andy Selva melakukan pelanggaran terhadap Rooney di dalam boks. Rooney sendiri yang menjadi eksekutornya tidak membuang percuma kesempatan ini. Inggris menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Di babak kedua, Inggris menambah tiga gol lagi. Yang pertama datang dari Welbeck di menit ke-49. Gol bermula dari pergerakan Alex Oxlade-Chamberlain dari sisi kanan. Setelah mendekati gawang, Chamberlain kemudian melepaskan umpan datar yang diselesaikan Welbeck dengan sepakan kaki kanan.

Welbeck kemudian digantikan oleh Andros Townsend pada menit ke-66 dan Townsend menjadi pencetak gol keempat Inggris pada menit ke-72. Townsend melakukan tusukan dari sisi kanan sebelum akhirnya berbelok dan melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola meluncur ke arah tiang dekat dan masuk ke dalam gawang tanpa bisa dihalau oleh Simoncini.

Satu gol Inggris lainnya tercipta pada menit ke-77. Umpan yang dilepaskan Rooney dari sisi kanan tidak sengaja mengenai Alessandro Della Vale dan bola malah masuk ke dalam gawang timnya sendiri. Gol kemudian dicatat sebagai gol bunuh diri Della Vale, meski announcer di stadion Wembley menyebut Rooney sebagai pencetak golnya.

Rooney sempat mendapatkan beberapa peluang lagi setelahnya, namun usahanya selalu berujung kegagalan. Sampai peluit panjang, skor 5-0 tidak berubah. (JIBI/SOLOPOS)

Susunan Pemain
Inggris:
Hart, Chambers, Cahill, Jagielka, Gibbs, Henderson (Chamberlain 46), Milner, Wilshere, Sterling (Lallana 46), Rooney, Welbeck (Townsend 66).

San Marino: Simoncini, Palazzi (Buscarini 73), Fabio Vitaioli, Della Valle, Brolli, Battistini, Hirsch, Tosi (Gasperoni 63), Chiaruzzi, Matteo Vitaioli, Selva.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya