SOLOPOS.COM - Tim Nasional (Timnas) Vietnam memepet Indonesia setelah menghabisi Malaysia 3-0 di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 pada Minggu (12/12/2021) malam WIB. (Twitter/FAM_Malaysia)

Solopos.com, BISHAN — Tim Nasional (Timnas) Vietnam memepet Indonesia setelah menghabisi Malaysia 3-0 di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 pada Minggu (12/12/2021) malam WIB.

Ketiga gol Vietnam terjadi di babak pertama, tepatnya di menit ke-32 lewat aksi Nguyen Quang Hai, lalu pada menit 36 berkat sumbangsih dari Nguyem Cong Phuong, dan terakhir diberikan oleh Nguyen Hoang Duc di ujung laga.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Dikutip dari Okezone, dengan tiga poin dari Malaysia, maka Vietnam otomatis naik ke peringkat kedua klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020. Vietnam terus memepet Timnas Indonesia yang baru merasakan dinginnya peringkat pertama seusai menang 5-1 kontra Laos.

Tim Prajurit Bintang Emas tampil mendominasi pada babak pertama. Mereka dengan nyaman menguasai bola serta membangun serangan yang cepat dari lini belakang dan memberi tekanan di depan.

Skema tersebut berjalan hingga menit 20′. Harimau Malaya dipaksa lebih bertahan dan hanya berharap lewat serangan balik. Bahkan mereka sampai di kurung setengah lapangan.

Menariknya, pertahanan tim asuhan Tan Cheng Hoe berhasil tampil solid. Mereka berhasil bertahan dengan baik dan menahan segala gempuran sang lawan hingga menit 30′.

Baca Juga: Performa Timnas Indonesia Meningkat, Bekal Baik Menghadapi Vietnam 

Sayangnya, mereka harus kecolongan dua menit berselang. Vietnam terus mengincar sisi kiri pertahanan Malaysia dan akhirnya membuahkan hasil lewat tendangan keras Nguyen Quang Hai menit 32′ memanfaatkan umpan tarik Nguyen Tuan Anh.

Seusai unggul, permainan Prajurit Bintang Emas semakin menggila. Umpan pendek dari kaki ke kaki yang jarang terlihat salah menjadi ancaman besar.

Alhasil gol kedua pun tercipta tak lama dari itu. Nguyen Cong Phuong berhasil menggandakan keunggulan pada menit 36′ seusai memanfaatkan umpan terobosan Quang Hai. Gol tersebut sekaligus menutup jeda turun minum dengan skor 2-0.

Babak Kedua Bisa dibilang, duel di babak kedua sepanjang 45 menit ini kurang berjalan seru. Kedua tim bermain dengan tempo yang rendah, tak seperti di babak pertama.

Dominasi kembali ditunjukkan oleh Vietnam. Namun, tekanan yang diberikan tak sebesar seperti pada babak pertama.

High pressing dan pergerakan tanpa bola yang cepat juga jarang terlihat. Malaysia akhirnya mampu keluar menyerang tak seperti sebelumnya.

Dan lagi, upaya itu sulit karena high pressing dan kerapatan pertahanan lawan membuat upaya mereka termentahkan di sepertiga lapangan.

Menariknya, Vietnam mengendurkan tempo saat memasuki menit 70′. Keputusan tersebut membuat Malaysia kian nyaman memegang bola meski serangan yang dibangun belum menemukan arah.

Di sisi lain, kini Vietnam yang sering melancarkan serangan balik. Namun sekalinya mendapat peluang mereka tampak berbahaya karena kecepatan mereka yang sulit dihentikan.

Harapan mereka untuk mengejar ketertinggalan pun pupus. Vietnam kembali mencetak gol ketiga sekaligus memastikan kemenangan 3-0 pada menit 90′ lewat kaki Nguyen Hoang Duc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya