SOLOPOS.COM - Neymar seusai Brasil dikalahkan Kroasia 3-5 lewat adu penalti pada perempat final Piala Dunia 2022. (Twitter @goal)

Solopos.com, JAKARTA—Bintang Brasil Neymar mengaku hancur setelah Brasil tersingkir dari Piala Dunia 2022. Kekalahan Brasil akibat didepak Kroasia 3-5 lewat drama adu penalti pada babak perempat final menjadi hal paling menyakitkan dibandingkan kekalahan lainnya.

Neymar nyaris membawa Brasil lolos ke semifinal setelah mencetak gol ke gawang Kroasia untuk menyamai rekor produktivitas Pele sebanyak 77 gol. Namun Bruno Petkovic menyamakan kedudukan 1-1 yang  membuat laga dilanjutkan dengan adu penalti.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Neymar tidak sempat melakukan tendangan penalti dalam drama yang dimenangkan Kroasia 4-2 di babak perempat final Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Education City Stadium, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: Waduh! Messi Terancam Absen Lawan Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2022

Brasil yang semula difavoritkan dalam ajang sepak bola sejagat itu kini harus menunggu setidaknya empat tahun lagi untuk memenangkan Piala Dunia keenam mereka. Terakhir mereka menggenggam trofi itu adalah pada 2002.

“Saya hancur secara psikologis. Ini sungguh kekalahan yang paling menyakiti saya, yang membuat saya lumpuh selama sepuluh menit setelah pertandingan, setelah itu saya menangis tanpa bisa berhenti,” kata Neymar dalam pesan Instagram, Sabtu malam waktu Qatar, seperti dikutip dari Antara.

“Ini akan terasa sakit untuk waktu yang sangat lama ,” tambahnya.

Baca Juga: Inggris Habis, Begini Nasib Negara Pendukung LGBT di Piala Dunia 2022

Tidak lama setelah Brasil tersingkir Neymar mengatakan mungkin telah memainkan pertandingan terakhir untuk negaranya. Tetapi Pele mendesaknya untuk “terus menginspirasi kami”.

Pria berusia 82 tahun itu mengatakan di Instagram berharap penyerang superstar itu terus bermain. Dia menambahkan pencapaian dalam mencetak gol tidaklah sebanding dengan kehormatan mewakili Brasil.

“Anda tahu, seperti saya, tidak ada angka yang lebih besar dari kegembiraan mewakili negara kita,” tulis Pele.

Baca Juga: Digelar Pukul 02.00 WIB, Ini Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022  

“Saya berusia 82 tahun, dan setelah sekian lama, saya harap saya telah menginspirasi Anda dalam beberapa cara untuk mencapai sejauh ini …. Legasi Anda masih jauh dari selesai.”

“Teruslah menginspirasi kami. Saya akan sangat gembira dengan setiap gol yang Anda cetak, seperti yang telah saya lakukan di setiap pertandingan, saya melihat Anda di lapangan.”

Pele, yang dirawat di rumah sakit awal bulan ini dalam pengobatan kanker usus besar, mengucapkan selamat kepada Neymar karena telah menyamai rekor golnya. “Saya belajar bahwa semakin banyak waktu berlalu, semakin banyak legasi kita tumbuh,” tulis Pele.

Baca Juga: Peserta Piala Dunia 2026 Tambah 16 Negara, Indonesia Realistis Saja

“Rekor saya dibuat hampir 50 tahun yang lalu, dan belum ada yang bisa menyamainya sampai sekarang. Anda berhasil, Nak. Itu menambah kehebatan pencapaian Anda,” kata Pele.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya