SOLOPOS.COM - Alwi Farhan (Istimewa/Tim Humas dan Media PP PBSI)

Solopos.com, JOGJA – Tunggal putra Alwi Farhan membawa Indonesia unggul 2-1 atas Jepang di final turnamen beregu campuran BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023.

Berlaga di GOR Amongraga, Jogja, Selasa (11/7/2023) siang WIB, Alwi Farhan menang dengan skor 21-13, 14-21, 21-14 atas Yudai Okimoto.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pada pertandingan ini tunggal putra kelahiran Solo, 12 Mei 2005 itu mengaku senang bisa mengakhiri pertandingan yang melelahkan dengan kemenangan. Terlebih kemenangan yang diperoleh runner up Osaka International Challenge 2023 itu membuat tim Indonesia berbalik unggul melawan Jepang di laga pemungkas BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023.

“Bersyukur bisa meraih kemenangan di laga ini. Pertandingan hari ini sangat menguras tenaga dan dalam kondisi seperti ini saya hanya fokus mendengarkan instruksi pelatih,” ungkap juara Bangladesh Junior International Series 2021 itu.

Kemenangan yang diraih Alwi sejatinya tidak mudah mengingat emosi pemain asal Kota Solo itu sempat tersulut. Kapten tim Indonesia itu pun mendapatkan kartu merah dari wasit sehingga mendapat pengurangan poin dan lawan memperoleh tambahan poin.

Alwi sendiri mengaku tidak mengerti maksud wasit di laga ini yang memberikan kartu merah tersebut. Cuma, dia menyikapi hal tersebut dengan lapang dada.

“Saat diberikan kartu merah sebenarnya menggangu tapi saya tidak boleh terlalu kepikiran. Saya menilai lawan dua kali berteriak di hadapan saya dan wasit tidak menggubris,” tutur Alwi.

“Salah saya dalam kondisi itu terpancing sehingga saat tengah memastikan bola masih layak digunakan atau tidak, saya dianggap mengulur-ulur waktu dan diberikan kartu merah. Itu semua di luar keterbatasan saya,” tambah runner up Lithuanian International 2022 tersebut.

Alwi Farhan sendiri bertekad untuk tampil lebih baik lagi dengan mengontrol emosi. Selain fisik prima dan mental bertanding yang baik, mengontrol emosi diperlukan supaya tidak buyar dan bisa fokus sepanjang pertandingan.

“Evaluasinya dari pertandingan ini saya berharap bisa bermain lebih mengontrol emosi. Sejauh ini permainan saya bisa dibilang stabil dan saya belum terlalu puas karena masih banyak yang harus dievaluasi,” pungkas Alwi.

Dengan hasil ini Indonesia untuk sementara unggul dengan skor 2-1 atas Jepang di final BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023.

Tercatat sebelum Alwi menang, tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari mampu menyumbangkan angka pada partai kedua.

Tunggal putri kelahiran 17 Mei 2006 itu mampu mengatasi juara BWF World Junior Championships 2022 asal Jepang, Tomoka Miyazaki dua game langsung dengan skor 21-17, 21-16.

Kemenangan Mutiara sejatinya membuat kedudukan imbang 1-1 seusai pada partai pertama ganda campuran Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu gagal menyumbangkan angka.

Pasangan yang memulai debut di Badminton AJC 2023 itu menyerah di tangan Daigo Tanioka/Maya Taguchi dengan skor 8-21, 20-22.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya