SOLOPOS.COM - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/M. Rian Ardianto (Fajar/Rian). (Twitter/@INABadminton).

Solopos.com, SOLO–Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/M. Rian Ardianto (Fajar/Rian) gagal menjadi juara Korea Open 2023 setelah dikalahkan pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di babak final, Minggu (23/7/2023).

Pasangan nomor satu dunia itu ditekuk dalam permainan tiga gim dengan skor 21-17, 13-21, dan 14-21.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Fajar/Rian sempat membuka asa menjadi juara seusai menyudahi gim pertama dengan kemenangan. Namun, ganda putra nomor tiga dunia dari India mampu bangkit pada gim kedua.

Pada akhirnya impian Fajar/Rian menjuarai BWF Tours Super 500 itu harus pupus lantaran tak mampu membendung perlawanan pasangan India pada gim ketiga.

Hasil ini menambah panjang kekalahan Fajar/Rian atas pasangan India ini. Skor pertemuan mereka kini menjadi 2-3. Pasangan India selalu unggul dalam tiga pertemuan terakhir dengan Fajar/Rian, termasuk laga final ini.

Jalannya pertandingan

Pada gim pertama, Fajar/Rian membuka poin melalui smes keras, skor 1-0. Fajar/Rian memimpin 10-3 setelah tampil menekan dan taktis sejak awal gim pertama. Mereka mengambil internal babak pertama dengan skor 11-4 dalam sekitar lima menit.

Seusai jeda, pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty mencoba keluar dari tekanan. Mereka mampu menambah tiga poin. Namun, setelah itu tambahan poin mereka terhenti.

Sebaliknya, Fajar/Rian kembali ke momentum sebelumnya. Pasangan nomor satu dunia ini memimpin 16-7.

Mereka sempat mendikte permainan yang membuat pasangan India keteteran. Namun, saat tinggal dua lagi poin mengakhiri dengan kemenangan, Fajar/Rian justru sering membuat kesalatan sendiri.

Pasangan India terus menambah poin hingga mencapai skor 19-16. Setelah itu, poin India terhenti setelah pengembalian kok melebar dan keluar area permainan Fajar/Rian. Skor 20-16.

Akhirnya, Fajar/Rian mengakhiri pertandingan sengit itu dengan skor 21-17.

Pada gim kedua, laga semakin ketat. Pada awal gim, kedua tim imbang 4-4. Mereka saling mengejar ketinggalan poin setelah itu hingga skor kembali imbang 6-6. Namun, pasangan India bisa menjaga momentum dan merebut interval gim kedua dengan skor 11-9.

Selepas jeda, pasangan India tampil menekan dan mampu memimpin 15-10. Fajar/Rian berusaha keluar dari tekanan, tetapi usahanya belum membuahkan hasil.

Pasangan India justru bisa memimpin lebih jauh, skor 17-11. Akhirnya pasangan India memenangi gim kedua dengan skor 21-13 dan memaksa permainan dilanjutkan ke gim ketiga untuk menentukan juara.

Pada gim ketiga, pasangan India membuka skor. Jalannya pertandingan tetap ketat seperti awal gim kedua. Namun, Fajar/Rian beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Pasangan India memimpin 8-4. Pasangan India merebut interval gim ketiga dengan skor 11-8.

Selepas jeda, pasangan India masih memimpin meski Fajar/Rian berusaha keluar dari kondisi sulit, skor 16-12. Fajar/Rian sulit menyamakan kedudukan lantaran banyak melakukan kesalahan sendiri.

Pasangan India terus memperlebar selisih poin. Mereka memimpin 19-13. Pasangan India pun menyudahi pertandingan dengan kemenangan 21-14. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty juara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya