SOLOPOS.COM - Jonatan Christie menjadi penentu di laga ketiga dengan mengalahkan Li Shi Feng 21-14, 18-21, dan 21-14, sekaligus membawa Indonesia menang 3-0 atas China., Minggu (17/10/2021). (Detik/Badminton Photo)

Solopos.com, JAKARTA—Dua wakil Indonesia di final Swiss Open 2022 mengakhiri turnamen dengan gelar juara, Minggu (27/3/2022). Gelar juara itu dipersembahkan oleh Jonatan Christie dari tunggal putra dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Jojo, panggilan Jonatan Christie menjadi yang terbaik setelah mengalahkan wakil India Prannoy H.S. dua game langsung 21-12, 21-18, dalam partai final di Basel, seperti dikutip dari situs resmi BWF.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Jonatan menyudahi paceklik Indonesia dalam tunggal putra Swiss Open sejak 2002, setelah terakhir kali Marleve Mainaky menjadi yang terbaik dalam kejuaraan bulu tangkis yang kini masuk dalam kelas BWF Super 300 tersebut.

Baca Juga: 7 Wakil Indonesia ke Perempat Final All England, Ada Jojo dan Ginting

Dilansir dari  Antara, Jonatan yang merupakan unggulan keempat sempat tertinggal di paruh awal game pertama setelah membuang keunggulan 4-1 menjadi ketertinggalan 5-7 dari Prannoy.

Pebulu tangkis peringkat delapan dunia tak mau kalah dan berusaha mengejar. Poin demi poin dikumpulkan dan titik balik pun terjadi saat skor imbang 8-8, mengunci keunggulan hingga terus menjauhi perolehan poin Prannoy.

Jonatan yang semula unggul 13-10, semakin meroket dengan mencetak tujuh poin tanpa balas untuk memimpin 20-10 di ambang meraih gim pertama. Prannoy sempat menambah dua poin lagi, tapi Jonatan akhirnya tak terbendung mengambil poin gim pertama 21-12.

Baca Juga: Kejutan! Fajar/Rian Dikalahkan Juniornya di Indonesia Masters 2021

Game kedua menghadirkan tantangan yang berbeda bagi Jonatan sebab lawannya yang merupakan peringkat ke-28 dunia bermain lebih agresif dan terus mengekor perolehan poin.

Prannoy bahkan sempat dua kali mengimbangi Jonatan 7-7 dan 13-13 sebelum wakil Indonesia itu menemukan kesabaran dan telaten guna mengakali serangan lawannya hingga merebut gim kedua 21-18 dan menuntaskan pertandingan dalam 48 menit.

Sementara itu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses menyudahi perlawanan ganda putra Malaysia Goh Sze Fei/Nur Izzuddin dari Malaysia juga dengan dua game langsung, 21-18, 21-19. Fajar/Rian harus melalui pertarungan selama 40 menit.

Baca Juga: Sukses Revans, Pramudya/Yeremia ke Perempat Final Swiss Open 2022

Bagi Fajar/Rian gelar itu sebagai pelepas dahaga setelah dua tahun lebih tidak meraih satu pun juara. Kali terakhir Fajar/Rian tampil di final ialah pada Korea Open, September 2019.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya