SOLOPOS.COM - Dua kru tim Aston Martin berpose sambil membawa trofi yang diraih Fernando Alonso di GP F1 Belanda, Minggu (27/8/2023). (Twitter/@AstonMartinF1)

Solopos.com, JAKARTA – Fernando Alonso mengatakan pencapaian podium di Grand Prix Formula 1 (F1) Belanda pada Minggu (27/8/2023), merupakan buah dari pembaruan teknis yang dilakukan oleh Aston Martin.

“Mobil itu membuat saya terasa melayang saat balapan. Balapan sangat kompetitif, tapi mobilnya sangat mudah dikendarai. Dalam kondisi seperti ini, pembalap membutuhkan mobil yang dapat mereka percayai, dan saya mempercayai mobil itu saat ini, saya juga sangat menikmatinya,” kata Alonso, dikutip dari laman resmi F1, Senin (28/8/2023).

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Adapun Alonso berhasil finis P2 pada GP F1 Belanda, dengan margin 3,744 detik dari sang pemimpin balapan, Max Verstappen (Red Bull), yang mencetak hattrick kemenangan di Zandvoort secara berturut-turut.

Alonso pun sebelumnya lolos di posisi kelima pada awal balapan, namun ia segera naik ke posisi ketiga dengan performa yang berani terhadap Alex Albon (Williams) dan George Russell (Mercedes) di Tikungan 3 pada lap pembuka, yang diguyur hujan lebat.

Tak hanya itu, pembalap veteran itu juga berhasil menyalip Lando Norris (McLaren), hingga mencoba menantang Verstappen di barisan terdepan. Posisi kedua ini pun menandai podium pertama Alonso sejak GP Kanada dua bulan lalu.

“Itu adalah balapan yang sangat intens. Jelas di awal, dengan kondisi trek basah, kami sangat-sangat cepat, dan kami mungkin terlambat berhenti satu lap, tapi sama dengan pemimpin klasemen,” ujar pembalap Spanyol itu.

Selain menyoroti pembaruan teknis di mobilnya, Alonso mengatakan energi dari penggemar yang memadati Sirkuit Zandvoort juga menjadi pemicu baginya tampil maksimal.

“Terima kasih kepada semua penggemar, energi yang kami miliki di Zandvoort sangat unik. Dua tahun lalu, ketika balapan ini (kembali ke kalender), saya pikir saya tidak akan pernah merasakan podium di Zandvoort, karena saya tidak dalam posisi untuk memikirkan hal itu,” ucap Alonso.

“GP Belanda adalah salah satu balapan di mana sulit untuk berkonsentrasi, untuk tetap fokus dalam jangka waktu yang lama. Tapi seperti yang saya katakan, ini adalah arena balap yang sangat istimewa, dengan semua penggemar dan energi yang mengalir, sehingga Anda selalu merasa sangat fokus,” kata dia.

Lebih lanjut, Alonso mengatakan ia merasa bahagia dengan pencapaian Verstappen sepanjang musim 2023 yang berhasil membukukan sembilan kemenangan berturut-turut. “Saya turut berbahagia untuk Max, selamat untuk semua pencapaiannya (di sini),” ujarnya.

Sementara itu, seri F1 selanjutnya akan bergulir di Sirkuit Monza, Italia, pada 1-3 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya