SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemain Jakarta Lavani melakukan selebrasi di Proliga 2023. (Instagram @lavani.forever)

Solopos.com, JOGJA — Jakarta Lavani Allo Bank sukses mempertahankan dominasinya di kancah Proliga 2023. Tim binaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu berhasil mempertahankan gelar juara setelah di partai final Proliga 2023 mengalahkan Jakarta Bhayangkara Presisi dengan skor 2-3 di GOR Amongrogo, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (19/3/2023).

Lavani menaklukan Bhayangkara Presisi dalam laga yang berlangsung sangat ketat. Sempat unggul di set pertama, Lavani tertinggal di dua set berikutnya.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Namun, Lavani bangkit di dua set berikutnya dan menutup pertandingan dengan skor 3-2 (25-22, 22-25, 24-26, 25-21, 15-9)
Kemenangan ini menjadi prestasi yang membanggakan bagi Lavani.

Selain menjadi juara secara back to back, Lavani juga mencatat rekor apik sepanjang musim ini. Lavani hanya meraih sekali kekalahan dari 20 laga di Proliga sepanjang musim ini. Satu-satunya kekalahan dialami Lavani saat tampil di Seri Palembang dari Bhayangkara Presisi.

Jalannya Laga

Jakarta Lavani tampil cukup agresif di set pertama. Mereka sanggup unggul jauh dari Bhayangkara Presisi di set pertama melalui spike-spike keras yang dilancarkan Leandro Martins dan kawan-kawan. Set pertama pun mampu dimenangkan Jakarta Lavani dengan skor 25-22.

Meski demikian, di set kedua, Jakarta Lavani hampir tidak berkutik menghadapi Bhayangkara Presisi. Beberapa quikspike Lavani mampu dibendung Bhayangkara Presisi yang tampil lebih tenang dengan organisasi pertahanan yang baik.

Jakarta Lavani yang sempat tertinggal 7 poin, sebenarnya sempat berusaha mengejar ketertinggalan dengan skor 20-22. Namun keunggulan Bhayangkara tak tergoyahkan dan menutup set kedua dengan skor 25-22.

Memasuki set ketiga, pertandingan berjalan cukup ketat. Kejar mengejar angka tersaji dalam partai pamungkas Proliga 2023 di GOR Amongrogo Jogja.

Lavani yang sempat tinggal mampu mengejar dan memaksa duece. Namun, spike Leandro Martin yang keluar membuat Bhayangkara Presisi mengunci kemenangan di set ketiga dan berbalik unggul 2-1.

Di set ketiga, Lavani tampil penuh ketegangan. Skuad besutan Nicolas Ernesto banyak melakukan serve error.

Meski demikian, Lavani mampu meraih kemenangan di set keempat hingga memaksa set kelima digelar untuk menentukan pemenang.

Di set kelima, Lavani tampil lebih percaya diri. Akhirnya, Lavani pun mampu mengakhiri pertandingan dengan skor 15-9 untuk menutup laga sekaligus memastikan gelar juara Proliga 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya