SOLOPOS.COM - Pemain timnas U-22 Indoneia, Titan, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Kamboja pada laga lanjutan Grup A SEA Games 2023, Rabu (10/5/2023). (Twitter/@PSSI).

Solopos.com, SOLOTimnas U-22 Indonesia mempermalukan tuan rumah Kamboja 2-1 pada laga terakhir penyisihan Grup A SEA Games 2023, Kamis (10/5/2023) malam.

Gol skuad Garuda Nusantara diciptakan Titan pada menit ke-9 yang mampu memanfaatkan kemelut di depan gawang Kamboja dan Beckham pada menit 51 lewat tendangan luar kotak penalti. Sedangkan, gol Kamboja dicetak Sin Sovannmakara pada menit 45+1.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Pelatih Indra Sjafri melakukan rotasi pemain pada laga penutup fase grup tersebut. Dia banyak menurunkan pemain yang pada pertandingan sebelumnya jarang atau belum dimainkan.

Pada starting XI, Indra Sjafri menurunkan kiper Adi Satryo, Ilham, Komang, Witan (kapten), Kelly, dan Haykal. Selain itu Beckham, Taufany, Ferari, Irfan, dan Titan.

Garuda Muda tampil menekan sejak menit awal pertandingan. Kamboja yang mendat dukungan penuh dari publik tuan rumah berupaya keras membangun serangan.

Pada menit ke-6, Kamboja mendapat peluang. Beruntung, tendangan pemain lawan melebar ke sisi gawang Indonesia yang dijaga Adisatryo.

Indonesia balas mengancam dan langsung membuka gol melalui tendangan Titan pada menit ke-9 seusai mendapatkan bola yang di depan gawang ketika terjadi kemelut. Skor 1-0 untuk Indonesia

Anak-anak asuhan Indra Sjafri meningkatkan serangan untuk menambah gol. Irfan Jauhari menendang bola dengan keras pada menit ke-12 dari luar kotak penalti. Sayang, bola melambung jauh dari mistar gawang Kamboja.

Dua menit kemudian giliran Kelly mendapat kesempatan menendang bola ke arah gawang Kamboja. Namun, kiper Reth Lyheng dapat mengantisipasinya.

Sang kapten, Witan, mendapat peluang pada menit ke-30 tetapi tendangannya masih melebar ke sisi gawang Kamboja.

Kamboja yang tak mau kalah dengan terus membangun serangan seperti pada menit ke-38. Pertahanan Indonesia mampu mengantasipasinya dengan baik.

Kamboja kembali mendapat peluang saat tambahan waktu yang berhasil dikonversi menjadi gol penyama skor. Umpang bola lambung ditanduk Sin Sovannmakara ke arah tiang jauh pada menit 45+1. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pelatih Indra Sjafri memasukkan Bagas menggantikan Rio Fahmi. Bagas membantu serangan pada menit ke-49. Tendangannya masih melambung jauh dari gawang Kamboja.

Skuad Garuda Nusantara terus menyerang. Dua menit kemudian gol kedua Indonesia tercipta melalui Beckham. Dia yang menguasai bola menusuk pertahanan lawan melewati dua pemain dan langsung menembak bola dari luar kotak penalti.

Bola mengenai pemain lawan yang membuatnya berbelok arah. Kiper Kamboja tak bisa mengantisipasi dan gol. Skor 2-1 untuk Indonesia.

Setelah kemasukan, Kamboja bermain ngotot dan menekan Indonesia. Kamboja mendapat peluang emas pada menit ke-67 melalui skema serangan dari sisi kiri.

Lim Pisoth menusuk dari sisi kanan pertahanan Indonesia hingga masuk ke kotak penalti. Dia lalu memberi umpan kepada Leng Nora yang sudah berdiri bebas. Namun, tendangannya melambung jauh di atas gawang Indonesia.

Pelatih Indra Sjafri memasukkan Fajar menggantikan Bagas pada menit ke-76.

Gawang Indonesia hampir saja kebobolan pada menit ke-79 setelah Kamboja mendapatkan tendangan penalti. Kamboja mendapatkan keuntungan itu seusai Ferarri melanggar pemain Sor Rotana.

Beruntung, eksekusi penalti Kamboja dapat ditepis kiper Adisatryo. Bola muntah dapat ditangkap Adi, tetapi ada pemain Kamboja yang menerjang mengakibatkan Adi cedera sehingga ditarik keluar digantikan Ernando.

Kamboja meningkatkan serangan setelah gagal mencetak gol melalui penalti. Serangan demi serangan dilancarkan, tetapi selalu kandas di benteng pertahanan Indonesia.

Wasit memberi tambahan waktu tujuh menit sebelum babak kedua berakhir. Skor 2-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak kedua usai.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya