SOLOPOS.COM - Para pemain Belanda melakukan selebrasi seusai berpesta gol melawan Latvia. Ist/AFP/Antara

Solopos.com, SOLO — Belanda bangkit dan mengancam Islandia setelah membenamkan Latvia dengan skor telak 6-0, sementara Siprus melampaui Belgia di Grup B seusai pesta gol 5-0 ke gawang Andorra.

Enam gol Belanda  masing-masing dua gol diciptakan oleh Arjen Robben dan Klaas Jan Huntelaar, sedangkan dua lainnya diciptakan Robin van Persie dan Jeffrey Bruma.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Demikian antara lain hasil laga Kualifikasi Piala Eropa 2016, Senin (17/11/2014) dini hari tadi. Sementara Republik Ceko mengalahkan pesaing utamanya di Grup A dengan skor tipis 2-1 untuk membawa mereka ke puncak grup ini, sedangkan Israel memuncaki Grup B setelah mengatasi tamunya Bosnia Herzegovina 3-0.

Ceko lebih dulu ketinggalan akibat gol Ragnar Sigurdsson pada menit 9, namun satu menit dari waktu norma babal pertama usai Ravel Kaderabek menyamakan kedudukan. Pada menit 61 gol bunuh diri Jon Dadi Bodvarsson membawa Ceko menang 2-1.

Tuan rumah Israel naik ke puncak klasemen berkat tiga gol dari Gil Vermot, Omer Damari dan Eran Zahavi ke gawang Bosnia Herzegovina.

Sementara itu tiga dari lima gol Siprus diciptakan oleh Georgios Efrem, sedangkan dua lainnya dilesakkan Giorgos Meskis dan Dimitris Christofi. Masih di Grup B, Turki naik peringkat setelah menang 3-1 dari Kazakhstan.

Turki sudah unggul pada menit 27 berkat gol tendangan penalti Burak Yilmaz yang disusulnya dengan gol keduanya pada menit 29 dan dipungkasi gol Serdar Aziz, sedangkan Kazakhstan menciptakan gol hiburan lewat Samat Smakov.

Di Grup H, Italia dan Kroasia sama-sama mengemas 10 poin setelah bermain imbang 1-1. Kedua tim masing-masing menduduki peringkat satu dan dua grupnya.  Gol Italia dicetak Antonio Candreva, sedangkan Ivan Perisic untuk Kroasia.

Norwegia yang berada di grup ini, menang 1-0 berkat gol semata wayang Havard Nordveit pada menit 25 untuk mengatasi Azerbaijan guna menduduki peringkat tiga klasemen dengan 9 poin.

Sedangkan Bulgaria ditahan seri 1-1 oleh tim lemah Malta. Andrej Galabinov membawa Bulgaria unggul, namun disamakan Clayton Failla dari titik penalti. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Berikut Hasil Pertandingan Kualifikasi Euro 2016:

• Grup A
– Belanda 6, Latvia 0
– Republik Ceko 2, Islandia 1
– Turki 3,  Kazakhstan 1

• Grup B
– Belgia 0, Wales 0
– Siprus 5, Andorra 0
– Israel 3, Bosnia-Herzegovina 0

• Grup H
– Italia 1, Kroasia 1
– Azerbaijan 0, Norwegia 1
– Bulgaria 1, Malta 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya