SOLOPOS.COM - Fernando Rodriguz (ketiga dari kiri) bersama para pemain Persis Solo merayakan gol saat menghadapi Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Magowuharjo, Sleman, Sabtu (24/12/2022) malam WIB. (Istimewa/Ofisial Persis Solo)

Solopos.com, SOLO – Persis Solo berhasil meraih poin penuh setelah menang 3-1 melawan Persik Kediri dalam laga terakhir mereka di putaran pertama Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (24/12/2022) malam WIB. Laga tersebut menjadi pembuktian kejataman striker Persis Solo, Fernando Rodriguez.

Fernando Rodriguez mencetak dua gol pada menit ke-18 dan ke-51 serta satu gol Ryo Matsumura pada menit ke-90+4 memastikan Persis Solo menang dengan skor 3-1 atas Persik Kediri.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Skuad Macan Putih sejatinya unggul lebih dulu pada menit ketujuh melalui tendangan kaki kiri Faris Aditaa. Namun, mereka gagal mempertahankan keunggulan setelah kebobolan tiga gol.

Pertandingan kali ini juga diwarnai dua gol Persis Solo yang dianulir wasit karena pemain Laskar Sambernyawa dianggap dalam posisi offside.

Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua Persis Solo dari enam laga setelah Liga 1 2022/2023 digelar kembali dengan sistem bubble. Kemenangan pertama diraih Laskar Sambernyawa oleh RANS Nusantara dengan skor telak 6-1. Dari enam laga, Persis Solo meraih dua kemenangan, dua seri, dan dua kekalahan.

Jalannya pertandingan

Di awal babak pertama Persis Solo yang biasanya tampil mendominasi justru kesulitan. Pada menit ketujuh, Persik lebih dulu unggul lewat serangan balik dari sektor kanan pertahanan Persis. Faris Aditama yang lepas dari pengawalan pemain belakang Persis berhasil menembus kotak penalti untuk menjebol sisi kanan gawang Gianluca.

Persis Solo mulai menemukan permainannya setelah menit ke-10. Persis Solo mulai tampil mendominasi seperti biasanya. Persis Solo mulai mengancam menit ke-11 lewat free kick di depan kotak penalti Macan Putih. Alexis Messidoro yang menjadi eksekutor mampu mengancam gawang Kartika Aji setelah tendangannya membentur mistar gawang.

Baca Juga: Selamat! Persis Solo Tutup Tahun 2022 dengan Kemenangan Manis

Dua menit berselang, Ryo Matsumura berhasil mencetak gol. Namun, gol itu dianulir wasit karena Ryo dianggap masuk dalam posisi offiside. Persis Solo pun semakin meningjatkan serangan. Irfan Jauhari yang beroperasi di sayap kiri bertukar posisi dengan Irfan Bachdim.

Irfan Jauhari yang tampil di kana memberikan umpan lambung yang sukses dimanfaatkan Fernando menjadi gol menit ke-18 melalui sundulan kepala.

Tensi pertandingan yang meningkat membuat pelanggaran-pelanggaran keras terjadi. Irfan Bachdim terpaksa ditarik keluar menit ke-32 setelah benturan keras dengan pemain lawan. Samsul Arif pun masuk menempati pos yang ditinggalkan Bachdim di sayap kiri.

Aksi Ryo Matsumura

Pada menit ke-42, gol Persis Solo yang dicetak Jaimerson kembali dianulir. Jaimerson dianggap dalam posisi offside setelah menerima umpan lambung Abduh dari sisi kanan permainan Persik Kediri. Babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Persis Solo Vs Persik Kediri Ryo Matsumura
Gelandang serang Persis Solo, Ryo Matsumura (kedua dari kiri), berusaha melewati pemain Persik Kediri dalam laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (24/12/2022) malam WIB. (Istimewa/Ofisial Persis Solo)

Pada babak kedua, Persis Solo langsung menekan di awal laga. Hasilnya, Fernando Rodriguez kembali mencetak gol melalui sundulan kepala pada menit ke-51 yang membawa Persis Solo berbalik unggul 2-1.

Persik Kediri sempat mendominasi permainan beberapa saat di babak kedua setelah gol Rodriguez tersebut. Persik Kediri mengancam pada menit ke-84 lewat Radiansyah. Namun tendangannya masih membentur mistar gawang.

Lima menit kemudian, Fernando Rodriguez mendapat peluang matang di depan gawang kosong. Namun, sontekan kaki kirinya terlalu lemah sehingga melebar ke sisi kanan gawang Persik Kediri yang dikawal kiper Kartika Aji.

Di ujung laga tepatnya pada menit ke-90+4, Ryo Matsumura mencetak gol pembunuh pertandingan melalui aksi individu yang mengecoh beberapa pemain belakang dan kiper Persik Kediri. SKor 3-1.

Itu adalah gol keenam Ryo Matsumura untuk Persis Solo sekaligus manjadikan Laskar Sambernyawa menutup tahun 2022 dan putaran pertama Liga 1 2022/2023 dengan kemenangan manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya