SOLOPOS.COM - Pemain Shakhtar Donetsk merayakan gol saat melawan Barcelona dalam lanjutan Liga Champions 2023/2024, Rabu (8/11/2023) dini hari WIB. Shakhtar Donetsk menang 1-0. (Instagram/championsleague).

Solopos.com, JAKARTA–Hasil Shakhtar Donetsk vs Barcelona dalam matchday 4 Liga Champions 2023/2024 yang digelar Rabu (8/11/2023) dini hari WIB.

Shakhtar Donetsk memberikan kekalahan perdana untuk Barcelona pada babak penyisihan Grup H Liga Champions di Stadion Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, Rabu dini hari WIB.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Shakhtar Donetsk meraih kemenangan tipis dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Danylo Sikan lima menit sebelum babak pertama usai.

Meski meraih kemenangan, Shakhtar Donetsk masih berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup H dengan enam poin dari empat laga. Sedangkan, Barcelona tetap menduduki peringkat pertama dengan sembilan poin.

Secara statistik sebenarnya Barcelona mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 64% penguasaan bola serta melepaskan 12 tendangan. Namun, Shakhtar Donetsk tampil efektif memaksimalkan peluang yang didapatkan.

Barcelona mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat memberikan ancaman lewat tendangan Ilkay Gundogan yang masih belum menemui sasaran.

Setelahnya giliran Shakhtar yang memberikan ancaman lewat tendangan voli Mykola Matviyenko, namun dapat dihalau kiper Barca Marc-Andre Ter Stegen.

Shakhtar tak berhenti di situ dan kembali mendapatkan peluang lewat tendangan Oleksandr Zubkov, namun bola masih menyamping dari gawang Barca.

Skuad asuhan Marino Pusic sukses mencuri keunggulan terlebih dahulu setelah umpan dari Giorgi Gocholeishvili dapat dimaksimalkan menjadi gol oleh sundulan Danylo Sikan yang mengubah skor menjadi 1-0 pada menit 40.

Pada sisa waktu babak pertama, Barcelona berusaha untuk lebih menekan lini pertahanan Shakhtar, namun hingga turun mjnum, skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Barca kembali mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat memberikan ancaman lewat tendangan Ferran Torres yang masih belum menemui sasaran.

Shakhtar yang belum puas dengan keunggulan satu gol dan memiliki peluang berbahaya lewat tendangan Gocholeishvili yang masih dapat diamankan Ter Stegen.

Meski tak sering menguasai bola, Shakhtar dapar kembali memberikan ancaman lewat tendangan Sikan, namun Ter Stegen dapat melakukan penyelamatan.

Pada menit 59, pelatih Barca Xavi Hernandez langsung mengganti empat pemain sekaligus dengan memasukkan Pedri, Joao Felix, Lamine Yamal, serta Alex Balde.

Pergantian pemain tersebut hampir membuahkan hasil, andai tendangan Joao Felix usai menerima umpan Lamine Yamal tak menyamping dari gawang Shakhtar.

Selanjutnya Barcelona lebih sering memberikan ancaman, namun solidnya lini pertahanan Shakhtar dan kiper Dmytro Riznyk membuat tak ada gol yang tercipata sehingga skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tetap bertahan hingga pertandingan selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya