SOLOPOS.COM - Indonesia mengawali Piala Asia U-20 2023 dengan kekalahan setelah dilibas Irak 0-2 yang bermain 10 orang sejak menit ke-45 pada laga pembuka Grup A di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Rabu (1/3/2023)  malam WIB. (AFC)

Solopos.com, TASKENT—Indonesia mengawali Piala Asia U-20 2023 dengan kekalahan setelah dilibas Irak 0-2 yang bermain 10 orang sejak menit ke-45 pada laga pembuka Grup A di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Rabu (1/3/2023)  malam WIB.

Gol Irak tercipta pada menit ke-28 melalui Hayder Abdulkareem dan 90+6 lewat Mohammed Jameel.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Indonesia sebenarnya diuntungkan dengan kartu merah yang diterima Charbel Shamoon dan gagalnya tendangan penalti yang dieksekusi kapten Irak Abdulrazzaq Qassim. Tapi keuntungan itu tidak diambil Indonesia yang gagal menembus gawang Irak.

Kedua tim saling menebar ancaman pada awal pertandingan namun Irak lebih banyak melakukannya. Irak mengemas peluang yang bagus ketika upaya Ali Jassim masih digagalkan oleh penyelamatan gemilang Daffa Fasya. Peluang lainnya lahir lewat Shamoon yang masih bisa ditepis Daffa.

Sedangkan kiper Irak Hussein Hassan sempat mendapat ancaman dari Ronaldo Kwateh.

Pertahanan Indonesia akhirnya jebol pada menit ke-28. Gol itu lahir setelah Sajjad Mohammed keluar dari pengawalan Muhammad Ferrari dan memberikan assist kepada Abdulkareem.

Garuda Nusantara nyaris menyamakan kedudukan pada lima menit  kemudian. Tetapi sundulan jarak dekat Kakang Rudianto yang diarahkan ke sisi gawang masih melebar meski. Memasuki injury time Shamoon diberi kartu merah langsung karena insiden off-the-ball yang melibatkan Arkhan Fikri.

Meski bermain dengan 10 orang, Irak tidak berhenti menyerang. Abbas Fadhil memiliki kans menggandakan keunggulan Irak menyusul umpan yang gagal dari Arkhan. Tinggal berhadapan dengan kiper, tembakannya masih melebar dari gawang.

Jassim dua kali mengancam gawang Indonesia meski tidak tepat sasaran. Irak kemudian mendapatkan tendangan penalti saat Frengky Missa menjatuhkan Mustafa Qabeel di area terlarang.

Qassim tidak dapat memanfaatkan kesempatan itu ketika bola hasil eksekusinya melebar ke kiri gawang Indonesia. Meski demikian Irak mampu menggandakan keunggulan jelang akhir pertandingan.

Irak selanjutnya bertemu tuan rumah Uzbekistan pada Sabtu berikutnya dengan Indonesia melawan Suriah.

 

Susunan pemain Indonesia vs Irak:

Indonesia (4-3-3):

Sumawijaya; S. Zaky, M. Ferarri, K. Rudianto, A. Fikri, H. Caraka, R. Kwateh, A. Syarif, D. Asraf, Dony Pamungkas, A. Nico

 

Irak (4-4-2):

Hussein Hassan; Kadhim Raad, Abdulrazzaq Qasim, Adam Talib Abdulkhaleq, Abbas Majid, Abbas Fadhil, Ali Jasim, Muslim Mousa, Sajjad Mahdi, Charbel Shamoon, Hayder Abdulkareem

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya