SOLOPOS.COM - Selebrasi Cody Gakpo seusai mencetak gol untuk Belanda saat melawan Senegal. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLOBelanda membutuhkan waktu hingga menjelang akhir pertandingan untuk mengalahkan Senegal 2-0 pada laga Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Qatar, Senin (21/11/2022) malam WIB. Gol De Oranje diciptakan oleh Cody Gakpo pada menit ke-84 dan Davy Klaassen menit ke-90+9’.

Laga Belanda melawan Senegal berlangsung ketat sejak kick-off. Kedua tim saling jual beli serangan.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Belanda membuat peluang pertama pada menit kelima, namun sodoran bola dari Vincent Janssen di sisi sebelah kanan tidak bisa dimanfaatkan oleh Steven Bergwijn dan Cody Gakpo.  Senegal juga punya peluang lewat tembakan jarah jauh Ismaila Sarr lima menit kemudian. Tetapi bola tendangan Sarr masih melambung dari gawang Belanda yang dijaga kiper Andries Noppert.

Frenkie De Jong menyia-siakan peluang emas Belanda pada menit 19 seusai menerima umpan dari Gakpo. Namun bukannya langsung menendang, De Jong yang sudah berdiri bebas malah terlalu lama mengolah bola dan peluang menjadi hilang.

Baca Juga: Babak Pertama, Senegal vs Belanda Masih 0-0

Sarr lagi-lagi mengancam pertahanan Belanda di menit 25. Seusai melakukan tusukan dari sisi sebelah kiri, bola tendangannya yang melengkung ke arah tiang jauh disundul Virgil Van Dijk.

Ketajaman Senegal memang terasa berkurang tanpa kehadiran Sadio Mane. Beberapa kali peluang Senegal seperti menemui tembok tebal pertahanan Belanda.

Belanda masih mendapatkan satu peluang lagi di menit 40 tapi tendangan Steven Berghuis dari luar kotak penalti melambung tipis dari gawang Senegal yang dijaga Edouard Mendy. Hingga babak pertama berakhir, skor Senegal vs Belanda masih sama kuat 0-0.

Baca Juga: Protes Pemerintah, Pemain Iran Tak Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Kondisi babak kedua hampir sama dengan babak pertama. Kedua tim silih berganti melakukan serangan. Senegal maupun Belanda melakukan pergantian pemain di menit ke-62 untuk mempertajam serangan.

Kedua tim melakukan pergantian penyerang. Louis van Gaal memasukkan Memphis Depay menggantikan Vincent Janssen, sedangkan pelatih Senegal Aliou Cisse menarik keluar Abdou Diallo dan memasukkan Ismail Jakobs.

Senegal mendapatkan peluang di menit ke-65 ketika Boulaye Dia melepaskan tembakan keras dari sisi kotak penalti Belanda. Namun tembakan menyilang itu masih bisa diantisipasi Andries Noppert.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Saka Cetak Brace, Inggris Hajar Iran 6-2

Empat menit kemudian Boulaye Dia digantikan oleh Cheikh Dieng. Pergantian pemain kembali dilakukan Senegal 73 dan 74. Pape Gueye masuk menggantikan Cheikhou Kouyate yang cedera dan Nicolas Jackson masuk menggantikan Krepin Diatta.

De Oranje juga memasukkan dua pemain baru di menit ke-79. Steven Berghuis ditarik keluar digantikan Teun Koopmeiners sedangkan Steven Bergwijn digantikan Davy Klaassen.

Pergantian pemain itu membuahkan hasil bagi Belanda. Pada menit ke-84 Belanda mencetak gol melalui sundulan kepala Cody Gakpo meneruskan bola hasil tembakan De Jong dari luar kotak penalti.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Saka Cetak Brace, Inggris Hajar Iran 6-2

Tertinggal satu gol membuat Senegal berupaya mencetak gol penyeimbang. Seperti tembakan keras Pape Gueye di menit 84. Namun penampilan gemilang Noppert menggagalkan peluang tersebut.

Pertahanan yang longgar Senegal justru mampu dimanfaatkan Belanda untuk mencetak gol kedua pada menit 90+9′. Berawal dari serangan balik, Davy Klaassen memaksimalkan bola rebound hasil tembakan Memphis Depay yang berhasil dimentahkan Edouard Mendy.

Gol kedua dari Klaassen ke gawang Senegal itu mengakhiri pertandingan di Stadion Al Thumama dengan skor 2-0 untuk Belanda.

 

Susunan pemain Senegal vs Belanda:

Senegal (4-3-3)

Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Pape Cisse, Abdou Diallo/Ismail Jakobs 62’; Cheikhou Kouyate/ Pape Gueye 73, Napalys Mendy, Idrissa Gueye; Ismaila Sarr, Boulaye Dia/Cheikh Dieng 69’, Krepin Diatta/Nicolas Jackson 74. Pelatih: Aliou Cisse.



 

Belanda (5-3-2)

Andries Noppert; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Daley Blind; Frenkie de Jong, Cody Gakpo/ Marten De Roon 90+4’, Steven Berghuis/ Teun Koopmeiners 79; Vincent Janssen/Memphis Depay 62’, Steven Bergwijn/ Davy Klaassen 79. Pelatih: Louis van Gaal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya