SOLOPOS.COM - Hendro Yap seusai menyelesaikan nomor 20 Km jalan cepat SEA Games ke32 Kamboja di kawasan situa Angkor Wet, Seam Reap, Sabtu (6/5/2023). (Antara/Ddn)

Solopos.com, SEAM REAP – Hendro Yap meraih emas ketiga cabang olahraga atletik pada SEA Games 2023 Kamboja, Sabtu (6/5/2023).

Hendro Yap menjuarai cabang atletik untuk nomor 20 kilometer jalan cepat yang berlangsung si kawasan situs cagar budaya Angkor Wet, Siem Reaf.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Dalam lomba di tengah cuaca Angkor Wet yang kering dengan suhu udara hampir mencapai 40 derajat Celcius itu, Hendro tetap tampil enerjik. Pemilik personal best time 1:29:19 ini sejak start, terlihat berusaha berada di depan 8 peserta lainnya.

Ia pun langsung menerapkan kecepatan tinggi sehingga banyak peserta keteteran mengikutinya. Memasuki kilometer kedua, hanya atlet Vietnam Vinh Vi Xuan yang terus menempel ketat.

Namun sejak memasuki separuh lomba perlahan-lahan jarak Hendro dengan Vinh Vi Xuan kian menjauh dan atlet yang mengenyam pendidikan di Pusat Pelatihan Olahraga dan Latihan Mahasiswa (PPLM) yang dibiayai penuh oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu pun tak tertahankan untuk menjadi peserta pertama yang melewati garis finis.

Emas yang diraih di luar kota Siem Reap itu merupakan emas kelima bagi Hendro di ajang SEA Games. Sebelumnya Hendro mendulang emas secara berturut-turut di SEA Games 2013 di Myanmar, 2015 di Singapura 2017 di Malaysia, dab SEA Games 2019 Filipina.

Dalam SEA Games 2021 Hanoi yang berlangsung tahun lalu pun sebenarnya Hendro menjadi yang tercepat, tetapi ia mendapat penalti penambahan waktu dua menit karena dinilai melakukan pelanggaran. Hukuman tersebut membuat waktu Hendro lebih lambat dari atlet Vietnam Vinh Vi Xuan yang kemudian dinyatakan berhak dengan medali emas dan Hendro harus puas dengan perak.

“Cuaca memang panas, tapi saya pernah punya pengalaman yang sama di Singapura dan di Kuala Lumpur, jadi ya tidak ada alasan untuk tidak menang ” kata Hendro.

Menurut atlet kelahiran Medan, 24 Oktober 1990 itu, ia juga termotivasi oleh kemenangan dua rekannya di nomor maraton, Agus Prayogo dan Odekta Elvina Naibaho dalam lomba yang berlangsung pagi hari.

Dengan kemenangan Hendro, Kontingen Indonesia sudah mengumpulkan 3 medali emas di hari pertama lomba cabang olahraga atletik SEA Games ke-32. Secara keseluruhan, atletik ditargetkan meraih 5 medali emas atau 3 emas lebih banyak dari SEA Games edisi sebelumnya di Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya