SOLOPOS.COM - Marc Klok memprotes asisten wasit saat melawan Vietnam pada babak pertama laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di My Dinh Stadium, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam. (Twitter @PSSI)

Solopos.com, SOLO—Ambisi Indonesia lolos ke final Piala AFF 2022 digagalkan Vietnam. Indonesia takluk 0-2 dari Vietnam pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di My Dinh Stadium, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam. Indonesia pun kalah dengan agregat 0-2 karena pada laga leg pertama semifinal di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta skor berakhir 0-0.

Vietnam unggul cepat di menit ke-3 melalui striker Nguyen Tien Linh. Gol itu berawal dari umpan panjang Do Hùng Dung dari tengah lapangan yang dimaksimalkan Tien Linh dari tengah area penalti untuk menaklukkan Nadeo Argawinata.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Gol kedua Vietnam juga terjadi begitu cepat di menit ke-47. Nguyen Tien Linh kembali mengoyak jala gawang Indonesia melalui sundulan kepala menyambut sepak pojok Do Hùng Dung.

Tuan rumah juga mendominasi ball possession 53,3 persen pada babak pertama. Namun Indonesia gantian mendominasi 52,5 persen di babak kedua. Namun Vietnam lebih banyak melakukan percobaan tembakan ke gawang 6 kali dengan on target 5 kali.

Sedangkan Indonesia melepaskan tembakan ke gawang 7 kali namun tidak ada yang on target, menurut catatan laman resmi Piala AFF 2022.

Tertinggal dua gol Indonesia melakukan pergantian pemain pada menit ke-57.  Witan Sulaeman masuk menggantikan Asnawi Mangkualam, sedangkan Ricky Kambuaya menempati posisi Saddil Ramdani yang mengalami cedera.

Pergantian itu tidak terlalu berpengaruh pada permainan Indonesia meskipun lebih banyak menguasai permainan. Sebaliknya Vietnam yang sudah unggul tidak mengendurkan serangan dan beberapa kali mengancam gawang Indonesia melalui Nguyen Quang Hai.

Sementara serangan Indonesia melalui Marc Klok, Fachrudin Aryanto dan Dendy Sulistyawan belum menemui sasaran. Penampilan gemilang kiper Dang Van Lam yang disokong bek tangguh seperti Bùi Tien Dung membuat Indonesia kesulitan menembus pertahanan Vietnam.

Indonesia kembali melakukan dua pergantian pemain di menit ke-78 untuk menambah daya gedor. Muhammad Rafli menggantikan Rizky Ridho dan Ilija Spasojevic menggantikan Marselino Ferdinan.

Tim Garuda memiliki peluang memperkecil kekalahan melalui sundulan Muhammad Rafli pada menit ke-83. Namun upayanya menyambut umpan silang Witan Sulaeman masih melenceng ke kanan gawang.

Tiga menit kemudian giliran ancaman dilakukan Yakob Sayuri memanfaatkan situasi set piece.

Serangan itu dibalas Vietnam meskipun sudah di ambang kemenangan. Nguyen Hoàng Duc melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti pada menit ke-89, sedangkan Phan Van Duc saat injury time.

Skor agregat 2-0 untuk Vietnam bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

 

Susunan pemain Vienam vs Indonesia:

Vietnam (5-3-2):

Dang Van Lam; Doan Van Haud, Bùi Tien Dung, Ho Tan Tài, Que Ngoc Haid, Nguyen Thành Chung; Do Hùng Dung, Nguyen Quang Haim, Nguyen Hoàng Duc; Pham Tuan Hai, Nguyen Tien Linh

 

Indonesia (4-2-3-1):

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Pratama Arhan;  Marc Klok, Jordi Amat; Yakob Sayuri,  Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani; Dendy Sulistyawan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya