SOLOPOS.COM - Timnas putri Indonesia U-19 berfoto bersama sebelum pertandingan penyisihan grup A  AFF U-19 Women Championship 2023 atau Piala AFF U-19 Putri 2023 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, Sumatra Selatan, Minggu (9/7/2023) malam WIB. (Antara/Nova Wahyudi)

Solopos.com, SOLO–Harapan timnas timnas putri U-19 Indonesia menembus babak final Piala AFF 2023 pupus setelah memetik hasil mengecewakan pada laga semifinal melawan Thailand, Kamis (13/7/2023).

Sheva Imut dan kawan-kawan harus menerima kekalahan telak 1-7. Mereka tak mampu berbuat banyak setelah bermain dengan 10 pemain seusai kiper Fani diusir dari lapangan karena mendapat kartu merah sejak awal pertandingan.

Promosi Meniti Jalan Terakhir menuju Paris

Fani melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Thailand Thawanrat Promthongmee di luar kotak penalti ketika duel satu lawan satu.

Kondisi itu membuat permainan skuad Garuda Pertiwi Muda sulit berkembang. Mereka selalu tertekan.

Pada babak pertama, timnas putri U-19 Indonesia tertinggal 1-3. Sebenarnya Indonesia mampu menyamakan kedudukan setelah Thailand mencetak satu gol. Gol Indonesia diciptakan Claudia Scheunemann pada menit ke-24.

Namun, setelah itu skuad asuhan Rudy Eka Priyambada tak mampu mengimbangi perlawanan Thailand.

Pada babak kedua, Thailand menambah empat gol tanpa mampu dibalas satu pun gol dari Indonesia.

Hasil ini membuat Thailand melaku ke babak final melawan Vietnam yang memenangi pertandingan semifinal Myanmar dengan skor 2-1, Kamis.

Sebelumnya, timnas putri Indonesia menembus semifinal Piala AFF  U-19 2023 setelah menyapu bersih semua pertandingan pada babak penyisihan Grup A.

Bahkan, skuad Garuda Pertiwi selalu mampu menang besar atas Laos, Timor Leste, dan Kamboja. Ayunda dan kawan-kawan membantai Timor Leste dengan skor 7-0, membungkam Laos 4-1, dan terakhir menaklukkan Kamboja 5-0.

Hasil cemerlang di tiga laga itu menempatkan Indonesia di puncak klasemen Grup A dengan mengemas sembilan poin.

Pelatih Rudy sejak awal sudah meminta anak-anak asuhnya mewaspadai permainan Thailand. Dia juga sudah memperbaiki hal-hal yang masih kurang.

Rudy menyatakan siap melawan Thailand. “Pada dasarnya kita siap lawan tim manapun. Namun, kita juga harus waspadai permainan bola yang dimainkan oleh Thailand. Kita harus bermain efektif, memperbanyak taktik yang juga harus pemain mainkan,” kata Rudy sebelum laga dikutip dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya