SOLOPOS.COM - Pemain timnas U-23 Indonesia, Mohammad Haykal (kiri) dan Frengky Missa merayakan gol ketiga saat melawan tuan rumah Thailand di laga semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/8/2023) malam. Indonesia menang 3-1. (Instagram/timnas.indonesia).

Solopos.com, SOLOTimnas U-23 Indonesia sukses menundukkan Thailand di kandangnya dengan skor 3-1 pada laga semifinal  Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/8/2023) malam.

Hasil ini memastikan Indonesia lolos ke babak final dan akan bertemu Vietnam. Pertandingan akan digelar pada Sabtu (26/8/2023) mendatang.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Hasil ini juga menjawab keraguan sebagian pihak atas kemampuan skuad Garuda Muda mengalahkan tim kuat Thailand. Hal itu lantaran Thailand mencatatkan hasil lebih baik dibanding Indonesia pada fase grup.

Thailand menyapu bersih tiga pertandingan di Grup A yang otomatis lolos ke semifinal. Sedangkan Indonesia lolos ke semifinal berkat posisi runner up terbaik di Grup B.

Tiga gol Indonesia diciptakan Jeam Sroyer pada menit ke-10, M. Ferarri menit 23, dan gol bunuh diri Thailand pada menit 45+1. Sementara, gol Thailand diciptakan Chukid Wanpraphao pada menit ke-27.

Permainan Indonesia jauh lebih baik dibanding saat melawan Malaysia pada laga pertama fase grup. Beckam Putra sebagai jenderal lapangan berperan penting dalam mengembangkan permainan dari lini tengah.

Indonesia mengimbangi permainan Thailand pada awal babak pertama. Skuad Thailand berusaha menekan dan menciptakan peluang. Beruntung, bek Indonesia yang dipimpin Alfeandra Dewangga berhasil membendungnya.

Skuad Garuda Muda membalas dengan membangun serangan dari sisi kiri pertahanan Thailand. Ramadhan Sananta mendapat umpan terobosan, tetapi laju bola terlalu deras sehingga tak bisa dimanfaatkan penyerang Persis Solo itu dengan baik.

Indonesia memberi kejutan pada menit ke-10. Dari skema serangan di lini tengah, Indonesia sukses mencuri gol lebih dulu melalui tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilakukan Jeam Sroyer. Skor 1-0 Indonesia memimpin.

Selepas gol itu, Thailand berusaha menekan lebih kuat. Namun, Indonesia tak membiarkan hal itu terjadi. Thailand memang lebih banyak menekan, tetapi Indonesia juga sesekali menyerang. Usaha Garuda Muda bahkan lebih efektif.

Skuad asuhan Shin Tae-yong kembali membuat pendukung tuan rumah terdiam pada menit ke-23. Berawal dari lemparan ke dalam langsung di depan gawang seperti yang dilakukan Pratama Arhan, M. Ferarri yang berdiri bebas menyambut bola dengan sundulan dan gol. Indonesia memimpin 2-0.

Namun, Thailand mampu memperkecil kedudukan empat menit kemudian. Thailand menciptakan gol pertamanya lewat tandukan Chukid Wanpraphao dengan memanfaatkan tendangan sudut. Skor 2-1, Indonesia masih memimpin.

Selepas gol tersebut Indonesia mengintensifkan serangan. Beberapa kali skuad Garuda Muda mendapatkan lemparan ke dalam.

Robi Darwis melakukan lemparan jauh ke depan gawang Thailand seperti yang dilakukan saat sukses menciptakan peluang dan membuahkan gol kedua.

Sayang, pemain Thailand dapat mengantisipasinya. Kiper Siriwat Ingkaew mengambil posisi lebih ke depan untuk menghalau bola.

Ramadhan Sananta mendapatkan kesempatan pada menit 40. Bola ditendang dari luar kotak penalti dengan kaki kiri. Sayang, kiper Thailand masih sigap menepis bola yang meluncur deras di tanah.

G0l ketiga untuk Indonesia datang lagi pada menit 45+1. Pemain Thailand Natcha Promsomboon berniat menghalau bola umpan pemain Indonesia dengan cara menyundul. Namun, bola justru masuk ke gawang sendiri. Skor 3-1 untuk keunggulan Indonesia.

Hingga babak pertama usai skor 3-1 untuk keunggulan sementara Indonesia tetap bertahan.

Pada babak kedua, laga berjalan lebih keras. Thailand beberapa kali melakukan tekel keras. Beruntung pemain Indonesia yang menjadi korban tak cedera.

Penjaga gawang Indonesia Ernando Ari melakukan penyelamatan krusial pada menit ke-64. Dia menepis bola hasil tandukan pemain Thailand di dekat gawang Indonesia.

Hingga menit ke-80 kedua tim tidak memberi ancaman berarti. Thailand yang lebih sering menekan kesulitan menusuk pertahanan Indonesia yang dijaga ketat.

Kondisi yang sama masih terjadi hingga menit ke-84. Thailand menciptakan peluang pada menit ke-85 lewat tendangan sudut. Beruntung, bola sundulan Chukid masih melambung ketika kiper Ernando Ari gagal mencegat bola.

Thailand tak kunjung menemukan formula yang efektif untuk membongkar pertahanan Indonesia. Indonesia juga lebih banyak bertahan.

Hingga babak kedua berakhir skor 3-1 tetap bertahan. Indonesia menang dan melenggang ke partai puncak melawan Vietnam.



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya