SOLOPOS.COM - Aldi Satya Mahendra (tengah) berdiri di podium tertinggi seusai memenangi dua balapan Yamaha R3 bLU cRU European Championship 2023 di Sirkuit Imola, Italia, Minggu (16/7/2023). (ANTARA/HO/WSBK).

Solopos.com, JAKARTAPembalap Indonesia Aldi Satya Mahendra memenangi dua balapan sekaligus pada putaran kelima Yamaha R3 bLU cRU European Championship 2023 yang digelar di Sirkuit Imola, Italia, Minggu (16/7/2023) waktu setempat.

Dikutip dari Antara yang melansir keterangan resmi World Superbike (WSBK), Senin (17/7/2023), Aldi mengaku cukup tertantang dengan cuaca panas terik di sirkuit legendaris Italia tersebut.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Menurutnya, hal itu tak menjadi alasan untuk tidak memberikan yang terbaik karena ia sudah terbiasa dengan kondisi panas tersebut di Tanah Air.

“Cuaca panas hari ini normal bagi saya yang berasal dari Asia, jadi saya tidak terlalu kesulitan saat melakukan balapan,” ungkap Aldi.

Dia disebut membuat awal yang kuat di Race 1 dan berhasil mendominasi kecepatan dari tahap awal balapan dengan enam pembalap muda lainnya yang berusaha keras untuk mengikuti dan mengejarnya.

Pemimpin klasemen kejuaraan sementara sekaligus pemenang SuperFinale 2022 Emiliano Ercolani mencoba tetap pada rencananya untuk memulai dengan tenang dan mendorong dirinya lebih cepat di paruh kedua balapan.

Namun, pembalap Italia itu mengalami kecelakaan setelah melesat ke posisi kedua dengan empat lap tersisa.

Saat para pesaing lainnya berjuang untuk mendapatkan posisi, Aldi terus fokus membangun keunggulan yang jauh. Akhirnya dia melewati garis finis tujuh detik di depan rival terdekatnya, Krittapat Keankum dan Kevin Fontainha.

“Dari putaran pertama Race 1 saya memutuskan ingin mencoba segera memisahkan diri dari grup [dan memimpin balapan], dan saya mengingat hal itu selama balapan. Akhirnya, saya bisa menang tujuh detik [dari Keankum] yang membuat saya sangat senang,” kata Aldi.

Di Race 2, balapan berlangsung lebih sengit, tetapi Aldi sekali lagi mencoba memulai dengan tenang. Marc Vich dan Ercolani berusaha mengejar dan bergabung di grup utama bersama Keankum dan Eduardo Burr.

Terlepas dari upaya terbaik grup terdepan, mereka akhirnya harus menyerah pada kecepatan dominasi Aldi saat ia kemudian memperpanjang jarak menjadi dua detik di lap terakhir.

Ercolani yang berusaha melewati pemimpin balapan, harus puas finis kedua, sementara Keankum di urutan ketiga.

“Di Race 2, saya berhasil menang lagi, meski jaraknya lebih kecil, tapi saya sangat senang dengan performa saya, terutama karena ini adalah pertama kalinya saya di Imola. Saya akan memberikan yang terbaik sampai akhir [kejuaraan] nanti,” kata Aldi.

Sementara itu, Yamaha R3 bLU cRU European Championship 2023 akan berakhir di putaran keenamnya di Magny-Cours, Prancis, pada 9 September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya