SOLOPOS.COM - Herry IP (Istimewa/Tim Humas dan Media PP PBSI)

Solopos.com, SOLO – PP PBSI resmi menunjuk Herry Iman Pierngadi alias Herry IP menjadi pelatih kepala ganda campuran Pelatnas Cipayung. Herry IP selama ini dikenal sebagai pelatih spesialis ganda putra dan telah mencetak banyak pasangan kelas dunia.

Dikutip dari berbagai sumber, Herry IP masuk ke pelatnas Cipayung pada 1993. Para periode 1993-2008, pelatih kelahiran Pangkal Pinang, 21 Agustus 1962 tersebut telah mencetak sejumlah pasangan ganda putra kelas dunia.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Sebut saja Chandra Wijaya/Tony Gunawan (juara All England 1999 dan juara Olimpiade 2000), Chandra Wijaya/Sigit Budiarto (Juara All England 2003 & Juara Dunia 1997), dan Flandy Limpele/Eng Hian (peraih medali perunggu Olimpiade 2004).

Banyak didikan Herry IP yang saat ini menjadi pelatih sukses. Sebut saja Eng Hiang yang menjadi pelatih ganda putri pelatnas PBSI. Rexy Mainaky yang kini menangani ganda putra Malaysia, Sigit Budiarto menjadi pelatih di PB Djarum dan lain-lain.

Saat mengawali pekerjaannya sebagai pelatih nasional, Herry IP masih menjadi pelatih klub PB Tangkas. Ia kemudian melepaskan kontrak dengan klubnya tersebut dan memilih sebagai pelatih independen.

Setelah rehat dari dunia bulu tangkis karena permasalahan dengan PBSI, Herry IP kembali ke Pelatnas Cipayung pada 2011. Pada saat itu, sektor ganda putra Indonesia mengalami sedikit penurunan dalam prestasi. Regenerasi tidak terjadi semulus pada awalnya ketika Ricky Subagja/Rexy Mainaky bermain dan kesuksesan mereka dilanjutkan oleh Chandra Wijaya/Sigit Budiarto.

Saat itu, ganda putra andalan Markis Kido/Hendra Setiawan telah meninggalkan Pelatnas ketika Herry IP kembali ke Cipayung. Secara bertahap, pengaruh positif Herry IP mulai menghiasi Pelatnas dan ganda putra Indonesia mulai berprestasi lagi.

Hendra Setiawan akhirnya kembali ke Pelatnas dan kemudian dipasangkan dengan Mohammad Ahsan yang sebelumnya berduet dengan Bona Septano. Tak diduga, pasangan ganda putra baru ini langsung melesat. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan memenangi gelar All England pada 2014 dan 2019, juga medali emas Asian Games dan sederet prestasi lainnya.

Setelahnya, Herry IP kembali berhasil mengorbitkan ganda putra fenomenal. Mereka adalah pasangan Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo.Ganda putra yang mendapat julukan Minions ini meraih gelar All England dua tahun berturut-turut pada 2017 dan 2018 serta segudang gelar juara turnamen bulu tangkis lainnya.

Di pengujung 2018, Herry IP menerima Penghargaan Olahraga Indonesia sebagai Coach of the Year. Dalam beberapa tahun terakhir, Herry IP bersama Aryono Miranat berduet menangani ganda putra Pelatnas.

Pada akhir September 2022 lalu, hubungan Herry IP dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo mulai retak. Herry IP yang saat itu menjadi pelatih kepala ganda putra Indonesia, menegaskan sudah tidak lagi melatih Kevin Sanjaya Sukamuljo di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) PBSI di Cipayung.

“Bukan saya, Kevin yang tak mau berlatih dengan saya. Lebih baik tanya Kevin saja,” kata Herry IP dikutip dari Antara, Senin (26/9/2022).

Demikian tadi sebagian sepak terjang Herry IP dalam menangani sektor ganda putra Indonesia. Kini PP PBSI resmi menunjuk dan menugaskan Herry IP untuk menjadi pelatih ganda campuran Pelatnas Cipayung untuk menangani Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dkk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya